Siswa dan Guru SLB Surya Gemilang Limbangan Ikuti Training Membatik

Siswa dan guru SLB Surya Gemilang ikut In House Training keterampilan membatik

0
89

Sebanyak 30 siswa dan guru SLB Surya Gemilang Limbangan mengikuti In House Training Keterampilan Membatik. Kegiatan ini diadakan selama 3 hari, mulai Selasa-Kamis (12-14/9/2017) di SLB Surya Gemilang.

Ketua Penyelenggara dari Disdikbud Provinsi Jateng, Marfuah mengatakan, kegiatan ini diadakan sebagai upaya untuk mempersiapkan anak menuju kemandirian dan untuk meningkatkan kemampuan atau potensi siswa dan guru tentang membatik. Selain itu, juga mengenalkan sekolah dengan dunia industri di wilayah Limbangan. “Dengan mengenalkan sekolah terhadap dunia usaha diharapkan bisa mandiri setelah lulus nanti,”katanya.

Kepala BP2KLK Disdikbud Provinsi Jateng, Jupri mengatakan, sebagian besar orang yang sukses itu yang menekuni bidang wirausaha. Contohnya adalah orang-orang terkaya di dunia itu karens sukses di bisnis atau bidang usahanya. Untuk itu kepada anak-anak SLB ini didorong bisa menjadi wirausaha unggul. “Melalui pelatihan keterampilan, kemudian dikenalkan dengan dunia usaha dan dibantu pemasarannya, tujuannya supaya setelah lulus nanti bisa menjadi wirausaha yang sukses,”harapnya.

Kepala SLB Surya Gemilang, Kuncoro mengatakan, keterampilan membatik yang diberikan adalah batik cap. Selama pelatihan, peserta diberi pelatihan membatik secara lengkap, mulai dari proses awal sampai finishing, sepert pewarnaan. Selain itu, peserta juga diajak ke perajin batik dan pengusaha batik. “Pelatihan ini lebih lengkap, bukan hanya diajari membatik, tapi juga dikenalkan ke dunia usaha atau pemasarannya,”ujarnya.

InHouse Training dibuka SMP Muhammadiyah 8 Limbangan yang dihadiri Widadi selaku penngagas berdirinya SLB Surya Gemilang, Camat Limbangan Widodo, relawan dan tokoh masyarakat. Widadi mengingatkan kepada para orang tua, bahwa setiap anak yang dilahirkan adalah bintang. Orang tualah yang bisa menjadikan anak itu sebagai bintang yang bersinar. “Dibalik keterbatasan seorang anak, pasti memiliki kelebihan. Melalui peran orang tua dan guru, kelebihan si anak bisa digali,”katanya.