SD Negeri 2 Lebosari Kangkung Adakan Training Motivasi

SD Negeri 2 Lebosari Kangkung Adakan Training Motivasi

0
173

Seluruh siswa SD Negeri 2 Lebosari Kecamatan Kangkung mengikuti program training motivasi belajar  (character building) siswa. Training ini diselenggarakan oleh pihak SD Negeri 2 Lebosari Kangkung dengan tema “Raih Cita-cita dengan Disiplin dan Kerja Keras”. Kegiatan training ini dilaksanakan Rabu (13/9/2017), di Aula  SD Negeri 2 Lebosari Kangkung yang diikuti seluruh siswa-siswi kelas 1 sampai kelas 6 dengan menghadirkan Motivator Muda Indonesia dari Kendal, Ahmad Syaifudin, S. Si atau yang akrab disapa Kang Asep. Hadir pula dalam acara tersebut yaitu Kepala UPTD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kangkung, H. Supartono, S.Pd. M.Si.

Kepala SD Negeri 2 Lebosari Kangkung, Dwi Umi Sulastri, S.Pd. mengatakan, training ini tujuannya untuk merubah dan membentuk mindset, serta memberikan motivasi kepada siswa. Kita tahu bersama bahwa sekarang ini, banyak anak-anak kita yang masih kurang percaya diri dalam kesehariannya. Mereka banyak yang belum memiliki cita-cita dan memiliki kedisiplinan yang masih rendah. Sehingga dengan diberikan training ini, diharapkan mindset maupun pemikiran mereka berubah, terlebih untuk masa depan itu bisa mereka programkan dengan baik.  Dia berharap, lewat training itu akan bisa merubah mindset dan pola hidup para siswa untuk bisa memikirkan masa depan. Menurutnya, pelaksanaan training ini sangat bagus untuk diprogramkan setahun kali dan dilanjutkan kegiatan pembiasaan. “Mereka harus menjadi anak-anak yang bertanggungjawab pada diri mereka sendiri, keluarga, dan mampu menggapai cita-cita dengan memiliki karakter yang baik.”katanya.

Sementara itu, Syaifudin atau Kang Asep, dalam materi motivasinya mendorong para siswa-siswi agar lebih semangat untuk meraih masa depan mereka. Sebab menurutnya, para siswalah yang paling bertanggung jawab terhadap kesuksesan diri mereka sendiri, bukan orang tua maupun guru. Dikatakannya, para siswa harus menyadari bahwa merekalah orang yang pertama diminta pertanggungjawabannya baik di dunia maupun di akhirat nanti terhadap kesuksesan mereka. “Karena itu, mereka harus punya kedisiplinan, mental positif, kejujuran, sopan santun. Itulah yang kita harapkan lewat training ini.” ungkapnya.

Lebih lanjut Asep menyampaikan, bahwa para siswa harus punya perencanaan masa depan dari sekarang. Karena kalau gagal merencanakan berarti mereka telah merencanakan kegagalan. Namun kalau mereka sudah sukses merencanakan, sesungguhnya mereka telah merencanakan kesuksesan mereka sendiri. Maka, kita harus rencanakan dari sekarang apa yang harus dilakukan, bekal apa yang harus dimiliki, langkah apa yang harus dikerjakan dan dengan siapa kita harus belajar. “Jadi, dari sekarang kalau kita ingin menjadi pribadi yang percaya diri, orang yang semangat, memiliki cita-cita yang tinggi, bersungguh-sungguh giat belajar dan mendekatkan diri kepada Allah Tuhan Yang Maha Pemberi. ” tutur Asep sembari berharap.