Paguyuban Tosan Aji Gelar Pameran Keris

Pameran Tosan Aji di Kendal

0
762

Prosesi penjamasan benda pusaka keris dan tombak mengawali acara Pembukaan Pameran Tosan Aji yang digelar di Pendopo Kabupaten Kendal Jumat (22/9/2017) sore. Pameran Tosan Aji yang memamerkan sekitar 150 keris dan tombak digelar di halaman Gedung A Kantor Bupati Kendal, Jumat-Minggu (26-28/9/2017) mulai pagi sampai malam. Pembukaan pameran yang dihadiri Bupati Kendal dr Mirna Annisa dan anggota DPRD Kendal Slamet Riyadi diisi tari tradisional dan guyon maton.

Bupati Kendal dr Mirna Annisa berharap agar ke depan, untuk acara yang luar biasa ini supaya digelar secara besar dengan melibatkan berbagai pihak, seperti anak-anak sekolah dan  pelaku usaha. Tujuannya agar anak-anak sekolah mencintai budaya keris yang selama ini ditinggalkan. “Harusnya acara yang luar biasa ini tidak dibuat sederhana deperti ini,”ujarnya.
Ketua Paguyuban Tosan Aji Bahurekso, Heri Medianto mengatakan, tujuan digelarnya pameran adalah untuk melestarikan budaya yang semala ini ditinggalkan oleh anak-anak muda. “Membangkitkan ghiroh anak-anak muda untuk nguri-nguri atau melestarikan budaya,”harapnya.
Terkait dengan penjamasan, menurut Heri, bahwa penjamasan terhadap benda-benda pusaka tidak ada unsur klenik, sebab penjamasan itu untuk menjaga keawetan benda pusaka dengan cara dicuci. Adanya bunga, seperti bunga melati dan mawar itu memiliki nilai filosofi, yaitu dengan harumnya bunga, maka budaya yang kita miliki tetap harum seperti bunga. Sedangkan dupa itu untuk menambah aroma supaya harum. “Benda pusaka itu kan terbuat dari besi, maka perlu dijamas supaya bersih dan tidak berkarat. Makanya tidak hanya air, tapi ditambah bahan lain seperti air jeruk, sabun, arsenik,”jelasnya.
Ketua Panitia, Jupriyanto mengatakan, pameran diikuti tujuh paguyuban Tosan Aji dari berbagai daerah. Benda keris yang dimaperkan ada yang usianya ratusan tahun yang dibuat sebelum zaman kerajaan Majapahit. “Selain pameran juga ada bursa keris atau jual-beli keris,”kata Jupri.
BAGIKAN