Di Kampung Literasi Patean ada Keterampilan Olah Barang Bekas

Kampung Literasi Patean belajar keterampilan barang bekas

0
135

 

Kampung Literasi di Desa Pagersari Kec Patean mengadakan pelatihan membuat kerajinan dari barang-barang bekas, Minggu (24/9/2017). Pelatihan ini diikuti puluhan warga dari berbagai pedukuhan dan desa se kecamatan Patean ini. Mereka, mengolah barang-barang bekas dari plastik menjadi barang yang memiliki nilai jual dengan berbagai kreasi.

Kampung Literasi ini hampir tidak pernah sepi akan berbagai kegiatan. Pendiri sekaligus penanggung jawab Kampung Literasi, Munawar mengatakan sesuai dari visi dan misinya ingin memajukan dan mencerdaskan masyarakat khususnya untuk mengubah pola fikir yang maju dan cerdas.

“Melalui berbagai kegiatan, termasuk salah satunya pemberdayaan masyarakat dengan kegiatan mengolah barang bekas menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai ekonomi seperti ini. Tak hanya menjadikan warga memiliki ketrampilan saja, tapi menumbuhkan warga berjiwa wirausaha mandiri,” katanya.

Dirinya berharap, kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan barang bekas ini ada pendampingan dan pembinaan intensif dari pemerintah daerah setempat melalui dinas terkait khususnya.

“Antusias warga sangat tinggi dalam mengolah barang-barang bekas ini menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi. Seperti dibuat tas dengan berbagai ukuran, tempat vas bunga, dan sebagainya. Harapannya jika ada wadah atau sarana yang mendukung tentunya dapat membantu warga untuk menjadi pelaku wirausaha yang mandiri,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Camat Patean, Yanuar Achmad Fathoni mengatakan dirinya sangat mendukung dan mengapreasi yang dilakukan warga masyarakat desa khususnya. Melalui pemberdayaan warga mengolah potensi yang memiliki nilai jual tinggi.

“Kami akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk bisa memberikan pendampingan dan arahan. Syukur ada support bantuan berupa sarana dan cara pemasarannya. Sehingga, akan tercipta lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran,” tandasnya.