Lomba Dayung HNSI – Birusari Kendal Cup Ramaikan Sedekah Laut

Lomba Dayung HSNI Birusari Cup Kendal

0
637

Mencari bibit-bibit atlet olahraga dayung, Kemitraan HNSI Kendal bersama Dukuh Birusari Kel. Kalibuntu Kendal menggelar Lomba Dayung tingkat Kab Kendal. Lomba yang digelar di Sungai Dukuh Birusari dibarengkan dengan acara Sadranan Sedekah Laut dan Sedekah Bumi Dukuh Birusari, Minggu (01/10/2017). Diikuti 16 regu dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang ada di Kab Kendal, yaitu TPI Tawang, TPI Gempolsewu, TPI Bandengan, TPI Tanggulmalang dan TPI Karangsari.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kendal, Zaenal Arifin mengatakan, saat ini cabang olahraga dayung di Kab Kendal bisa dibilang matisuri, sehingga sudah tiga kali event Porprov Jateng tidak mengirimkan atletnya. “Lomba dayung ini diadakan untuk mencari bibit-bibit atlet, terutama yang muda-muda, karena akan diikutsertakan langsung pada lomba dayung tingkat provinsi,”katanya.

Zaenal mengatakan, kegiatan lomba ini juga untuk mencegah anak-anak muda dari minuman keras dan narkoba. “Kegiatan ini juga untuk mencegah anak-anak muda dari narkoba dan minuman keras,”katanya.

Koordinator Lomba, Ngatono mengatakan, kegiatan Sadranan ini baru pertama kali digelar di Dukuh Saribaru sebagai pertanda dibukanya TPI Pembantu Bieusari. Kegiatan yang digelar di antaranya, larung sesaji, hiburan musik dangdut, barongan dan pengajian umum. Kegiatan ini didukung Pol Air Polres Kendal dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kendal. “Tahun depan akan diadakan yang lebih meriah lagi,”harapnya.

Panitia memberikan hadiah uang pembinaan untuk juara pertama Rp. 1,5 juta, juara kedua Rp. 1 juta, sedangna juara ketiga dan keempat masing-masing mendapat Rp. 500 ribu. Empat peserta terbaik yaitu kelompok Sabuk Inten, Kyai Nogososro, Mbah Kemangi dan Doa Ibu.