Sepak Takraw awali Popda Tingkat Kabupaten Kendal 2017

Popda SD, SLTP, SLTA tingkat Kab Kendal 2017

0
708
Cabang olahraga sepak takraw mengawali kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA tingkat Kabupaten Kendal 2017 yang digelar mulai tanggal 2 sampai 15 Oktober 2017. Sepak takraw digelar usai Pembukaan Popda di GOR Bahurekso Kendal, Senin (02/10 2017), yaitu sepak takraw tingkat SMA/SMK/MA. Sepak takraw tingkat SMP/MTs digelar pada Selasa (03/10/2017), sedangkan sepak takraw tingkat SD/MI digelar Rabu (04/10/2017) di GOR Bahurekso Kendal. Popda dibuka oleh Kepala Disporapar Kendal, Tavip Purnomo. 

Pengurus Sepak takraw Kendal, Muntasir mengatakan, sepak takraw SMA/SMK/MA diikuti 14 regu putra dan 6 regu putri, sedangkan sepak takraw SMP/MTs diikuti 16 regu putra dan 7 regu putri. Sepak takraw SD/MI diikuti 18 regu putra dan 18 regu putri yang mewakili UPTD Pendidikan kecamatan. “Untuk regu sepak takraw SMA/SMK/MA dan SMP/MTs itu mewakili sekolahnya masing-masing, sedangkan untuk sepak takraw itu SD mewakili UPTD Pendidikan kecamatan,”jelasnya.    
Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Tavip Poernomo, mengatakan,

kegiatan itu sebagai ajang seleksi pencarian bibit atlet pelajar yang unggul dan mampu berprestasi baik ditingkat kabupaten, provinsi, nasional, hingga internasional. Kami harapkan agar para pelatih melakukan pembinaan atlet sejak usia dini dengan melaksanakan pembibitan yang efektif dan berkesinambungan. Selain itu membimbing peserta didik karena mereka calon atlet pelajar profesional yang bisa berprestasi dan mengharumkan nama daerah dan bangsa. “Para atlet yang berprestasi tentunya akan mewakili Kendal pada Popda tingkat Jawa Tengah,” kata Tavip.
 
Ketua KONI Kendal, Supriyadi, berharap, Popda ini bisa menjadi perekrutan atlet berprestasi secara dini. Para atlet Kendal yang berprestasi itu bukan secara instan, tetapi melalui proses pembinaan sejak usia dini. Cabang olahraga yang dipertandingkan, mempunyai potensi untuk bersaing di tingkat yang lebih tinggi. Dikatakan, kegiatan itu bisa menjadi tolak ukur kemampuan pelajar di bidang olahraga. Banyak kejuaraan baik tingkat provinsi, nasional, maupun internasional yang bisa diikuti atlet. “Kami mengapresiasi pemerintah kabupaten yang menggelar popda tersebut. Pada Popda Jateng tahun lalu untuk tingkat SMA sederajat, Kendal berhasil masuk lima besar,’’ jelasnya.  
 
Ketua panitia, Setiadi Pujiharjo mengatakan, popda diselenggarakan di empat lokasi, yakni GOR Bahurekso, Stadion Utama Kendal, Kolam Renang Boja, dan lapangan indoor Tirto Arum. Ada 10 cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu atletik, bulutangkis, tenis meja, renang, sepak bola mini, voli mini, sepak takraw, taekwondo, pencak silat, dan karate. “Kami berharap peserta bisa menjunjung sportivitas, dan para atlet yang juara benar-benar yang terbaik, karena akan mewakili Kendal pada Popda tingkat karesidenan dan provinsi’’ kata dia.