Bupati Mirna Ikut Arak-arakan Seedekah Laut di TPI Tanggul Malang

Bupati Kendal ikut arak-arakan Sedekah Laut di TPI Tanggulmalang Desa Korowelangkulon Patebon

0
1113

Bupati Kendal dr Mirna Annisa bersama ratusan warga mengikuti arak-arakan Sadranan Sedekah Laut di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanggulmalang Desa Korowelang Kulon Kec Cepiring Kamis (5/10/2017). Arak-arakan ini mengantarkan replika perahu yang berisi sesaji dari Balai Des Koeowelang Kulom menuju TPI Tanggul Malang sejauh 1 kilometer. Kemudian sesaji diangkut dengan menggunakan perahu nelayan, dibawa ke tengah laut untuk di larung. Perjalanan pawai arak-arakan diiringi marching band dan kesenian traadisional barongan.

Di tengah perjalanan, Bupati Mirna Annisa mendapat sambutan dari masyarakat yang berdiri di tepi jalan. Banyak warga yang meminta salaman dan foto bersama. Bupati juga  didaulat untuk melaunching kampung KB Dusun Tambaksari Desa Korowelang Kulon, yang ditandai dengan pemotongan pita dan pelepasan balon udara.

Mirna Annisa menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat desa Korowelang Kulon dan sekitarnya yang telah secara turun temurun memelihara budaya nyadran. Mirna berharap tradisi Sadranan dengan mengangkat kebudayaan setempat agar terus dikembangkan. “Acara ini tidak hanya pelestarian budaya tapi juga do’a masyarakat agar diberi kelebihan rejeki, keselamatan dan kesehatan oleh Allah SWT,” ujarnya.

Ketua Panitia  Sadranan Sedekah Laut TPI Tanggul Malang, Nuryadi mengatakan, acara Sadranan diadakan atas kerja sama masyarakat setempat. Tradisi Sadranan ini diramaikan berbagai hiburan, yaitu wayang golek, wayang kulit, barongan dan pasar malam.

Triyono Kades Korowelang Kulon mengatakan, budaya nyadran telah berlangsung sejak tahun 1955, akan terus dipelihara masyarakat nelayan, sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada Allah SWT dan sebagai bagian dari bentuk permohonan agar diberi limpahan rejeki, sehat dan selalu mendapatkan perlindungan dari-Nya.

“Larung sesaji, kini sudah merupakan budaya dan pesta rakyat yang setiap tahun selalu ditunggu secara gegap gempita oleh masyarakat,”ujarnya.