PC NU Kendal Gelar Konfercab

Konfercab NU Kendal 2017

0
1003

Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kendal yang segera terbentuk ditargetkan bisa menyelesaikan pembangunan Rumah Sakit NU Kendal yang saat ini baru pada tahap pengadaan lahan. Hal ini disampaikan Ketua PC NU Kendal, KH Danial Royan saat Pembukaan Konferensi Cabang (Konfercab) NU Kendal, Minggu (15/10/2017) di Aula SMK NU 01 Kendal. Pasalnya, bidang kesehatan merupakan program unggulan, selain bidang pendidikan, sebagaimana tema Konfercab yaitu Mewujudkan Kesejahteraan Umat melalui Kesehatan dan Pendidikan.

Kyai Danial mengatakan, pembangunan RSNU Kendal ditargetkan dua tahun lagi sudah jadi dan bisa beroperasi. Persiapan yang segera dilakukan yaitu menyiapkan sumber daya manusia, seperti dokter, perawat  dan melaksanakan pembangunannya di atas lahan yang sudah tersedia seluas 1 hektar di Jalan Tentara Pelajar Kendal. “Pengurukan lahan sudah, selanjutnya menggandeng pihak investor supaya pembangunannya bisa dimulai,”katanya.
Dikatakan, pembangunan RSNU Kendal dilatarbelakangi karena rumah sakit yang ada di Kendal masih belum bisa menampung jumlah pasien. Padahal warga Kab Kendal masyoritas dari kalangan nahdiyin. “Membangun rumah sakit ini bagian dari pelayanan umat,”ucapnya.
Kyai Danial juga mengatakan, selain pendirian RSNU, juga berencana membangun perguruan tinggi NU di Kendal. Hal ini juga untuk menampung pelajar di Kab Kendal yang hendak melanjutkan ke perguruan tinggi, sehingga tidak perlu jauh-jauh ke luar daerah. Khususnya lulusan dari sekolah-sekolah NU di bawah naungan Lembaga Pendidikan Maarif yang tersebar di semua kecamatan. “Selain membangun rumah sakit, juga mendirikan perguruan tinggi,”ujarnya.
Terkait dengan nama-nama calon yang diusung dalam Konfercab, Kyai Danial mengatakan, bahwa nama-nama itu akan dimunculkan setelah selesai pembahasan tatatertib pemilihan ketua. Dikatakan, pada dasarnya, Rois Syuriah adalah hasil keputusan dari lima orang ulama yang disebut ahlul ali wal aqli. “Peserta konferensi hanya mendengarkan keputusan lima ulama itu,”katanya.
Pembukaan Konfercab NU Kendal dihadiri oleh Wakil Bupati Kendal Masykur Masrur, Ketua DPRD Kendal, tokoh-tokoh ulama NU, dan tokoh ulama dari ormas lain. Hadir pula pimpinan PW NU Jawa Tengah dan Wakil Ketua PP NU Prof Dr Maksum Mahfud, MSi.
Bupati Kendal dr Mirna Annisa dalam sambutannya yang disampaikan Wakil Bupati Masrur Masykur berharap, NU terus menjaga dan meningkatkan jalinan silaturahmi. NU juga diminta agar lebih aktif untuk ikut serta dan peduli terhadap persoalan bangsa, seperti meningkatkan pendidikan, kesehatan, mengentaskan kemiskinan dan mencegah kriminalitas. “Persoalan ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi tanggung jawab semua pihak,”ucapnya.
Sementara itu  Wakil Ketua PP NU Prof Dr Maksum Mahfud, MSi. mengatakan, bahwa Konfercab ini haris dijadikan untuk melihat progres yang telah dicapai dan menatap masa depan supaya NU bisa berkembang dan berkiprah lebih baik lagi. “Saya berpesan dalam Konmfercab ini bisa bermusyawarah dengan baik dan apa-apa yang diputuskan supaya dilaksanakan bersama-sama,”harapnya.
Pembukaan Konfercab NU Kendal diramaikan atraksi pencak silat  Pagar Nusa dan pameran buku karya ulama-ulama NU.
BAGIKAN