Disdikbud Kendal tidak pernah Mewajibkan Wisata Edukasi ke Pantai Cahaya

Disdikbud Kendal tidak wajibkan wisata edukasi ke Pantai Cahaya

0
3185

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kendal Agus Rivai akhirnya mengundang Plt Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Patean CB Susilo terkait surat edaran UPTD Pendidikan Patean yang mewajibkan semua sekolah di wilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Patean wisata ke Obyek Wisata Pantai Cahaya. Kadisdikbud Kendal menghadirkan CB Susilo bersama Pengawas Sekolah dan perwakilan Kepala SD, Senin (30/10/2017) di Ruang Rapat Disdikbud Kendal untuk memberikan klarifikasi kepada para wartawan terkait edaran surat tersebut yang ramai dibicarakan di medis sosial grup facebook Kendal.

CB Susilo membenarkan kalau pihaknya mengeluarkan surat edaran tersebut. Dikatakan, dasar dikeluarnya surat edaran itu karena permintaan para kepala sekolah pada saat rapat kepala sekolah se Kec Patean. Pada rapat tersebut tidak semua kepala sekolah hadir, sehingga ada usulan untuk kebersamaan, agar dibuat surat edaran yang isinya mewajibkan. “Surat edaran yang isinya mewajibkan itu atas usulan para kepala sekolah, tujuannya demi kebersamaan,”ujar CB Susilo.

CB Susilo mengatakan, walaupun dalam surat edaran itu isinya mewajibkan, tapi dalam pelaksanaannya tidak mengharuskan atau wajib ikut. Surat itu dibuatnya atas inisiatifnya sendiri tanpa perintah dari Kepala Dinas Pendidikan Agus Rifai karena Kepala Dinas Pendidikan tidak mewajibkan sekolah untuk wisata pendidikan di Pantai Cahaya. “Buktinya tidak semua ikut, seperti anak-anak kelas 6 karena alasan persiapan ujian, juga tidak ikut, toh tidak ada apa-apa,”jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal Agus Rifai mengatakan, pihaknya tidak mewajibkan sekolah untuk wisata ke Pantai Cahaya. Menurut banyak sekolah yang wisata ke Pantai Cahaya karena pihak marketingnya Pantai Cahaya yang rajin promosi ke sekolaah-sekolah. ”Kami tidak pernah mewajibkan sekolah untuk wisata edukasi ke Pantai Cahaya, tapi kebetulan hanya pihak Pantai Cahaya yang datang promosi ke sekolah,”katanya.

Menurut Agus Rifai, program wisata pendidikan ini didasarkan dari pengalamannya ketika dirinya menjabat Kepala Dinas Pariwisata mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat karena mengenalkan obyek wisata daerah ke anak-anak sekolah sebelum berwisata ke daerah lain. Selain itu, dengan wisata di daerah sendiri juga akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).  “Program wisata edukasi ini tujuannya supaya anak-anak Kendal tahu daerahnya sendiri. Karena Kendal banyak objek wisata, maka silahkan bisa pilih ke objek wisata yang ada. Jadi, tidak harus ke Pantai Cahaya,”ujarnya.