Kesbangpol Gelar Rakor Masalah Strategis dan Aktual Hadapi Pilgub Jateng 2018

Rakor Masalah Strategis dan Aktual hadapi Pemilu Gubernur Jateng 2017

0
651

Masyarakat mempunyai hak dan tanggung jawab untuk mengawasi dan melaporkan pelaksanaan pemilu. Hal ini dikatakan Ketua Panwaslu Kab Kendal Ubaidilah saat acara Rakor Masalah Strategis dan Aktual yang diadakan Kesbangpol Kendal Selasa 31 Oktober 2017. Menurut Ubaidi, partisipasi masyarakat ini penting supaya pemilu berjalan demokratis. Pelaporan pelanggaran pemilu,  bisa disampaikan oleh warga negara yang punya hak pilih, pemantau pemilu dan peserta pemilu. Namun bagi warga yang tidak punya hak pilih, maka hanya berhak menyampaikan laporan secara informal ke pengawas pemilu.

“Laporan ini bagi pengawas pemilu merupakan temuan pelanggaran, karena tugas dan kewajiban Panwas adalah untuk mengawasi dan menindaklanjuti laporan dugaan pelanggaran dari masyarakat,”jelasnya.

Sementara itu, anggota KPU Kendal Rohimudin berharap partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya semakin meningkat. Untuk itu, KPU terus mamacu upaya untuk peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu, seperti Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2018 mendatang. ”

Dalam Rakor juga menghadirkan narasumber dari Kejaksaan Negeri Kendal, Kodim Kendal dan Polres Kendal. Kasi Ketahanan dan Kewaspadaan Daerah pada Kesbangpol Kendal, Karyono mengatakan, Rakor digelar untuk menyambut pelaksanaan pemilu, khususnya Pilgub Jateng 2018 agar berjalan aman, damai dan lancar. Untuk suksesnya pelaksanaan pemilu, selain KPU, juga melibatkan Panwaslu, kepolisian, kejaksaan, TNI dan masyarakat. “Sebentar lagi akan ada Pilgub Jateng 2018, sehingga harus dipersiapkan mulai dari sekarang,”katanya.