Murid dan Guru SD Pucangrejo Pegandon Pentas Seni Mocopat

Pentas mocopat dari SD Pucangrejo Pegandon

0
932

Para guru dan murid SD Negeri Pucangrejo Kecamatan Pegandon Rabu 17 Januari 2018 melakukan pentas seni macapat di Pendopo Kabupaten Kendal. Pentas ini sekaligus untuk shooting siaran tunda pada acara Macapat di TVRI Semarang. Pentas macapat ini diselenggarakan oleh Lembaga Pawiyatan Kebudayaan Jawi Kab Kendal Karaton Surakarta Hadiningrat.

Ketua Lembaga Pawiyatan Kebudayaan Jawi Kab Kendal, Hamaminata mengatakan, tujuan kegiatan pentas tersebut untuk merekatkan anak-anak muda atau para siswa agar dekat dengan kebudayaan Jawa melalui seni macapat, sehingga tidak lupa dengan jatidirinya sebagai orang Jawa. “Agar anak-anak itu tidak lupa dengan budayanya sendiri dan akan ikut melestarikan kebudayaan Jawa ini,”katanya.
Hamam mengatakan, pentas mocopat sengaja mengambil tema tentang Babad Pangeran Abinawa,  karena Pangeran Abinawa diyakini pernah hidup di sebuah gua di wilayah Kecamatan Gemuh dan dimakamkan di Pekuncen Pegandon. “Selain untuk melestarikan kebudayaan Jawam juga anak-anak diperkenalkan dengan tokoh sejarah yang telah berjasa terhadap kemajuan Kendal,”ujarnya.
Sementara itu Jazuli selaku pembawa acara mengatakan, kegiatan yang dilakukan lembaga ini sangat bagus. Apalagi dilakukan secara rutin dengan melibatkan sekolah-sekolah yang sasarannya adalah anak-anak sebagai generasi penerus yang akan melestarikan kebudayaan Jawa. “Kegiatan sangat bagus karena untuk nguri-nguri atau melestarikan kebudayaan Jawa,”ujarnya.