Ada Satgas Limbah yang Bersihkan Saluran Air di Area Perkotaan

Ciptaru PUPR Kendal tugaskan Satgas Limbah

0
484

Dinas PUPR Kendal melalui Bidang Ciptaru telah membentuk Satgas Limbah. Satgas Limbah yang berjumlah 20 orang dibagi menjadi dua regu. Setiap hari bertugas membersihkan saluran air khusus di area perkotaan.

Kepala Bidang Ciptaru pada Dinas PUPR Kendal, Suparjono mengatakan, Satgas Limbah yang mulai dibentuk pada tahun 2017 lalu ditugaskan khusus membersihkan saluran air di area perkotaan. Tujuannya untuk menjaga supaya saluran air menjadi bersih dan aliran air selalu lancar. Dengan demikian, kondisi kota tidak terlihat kumuh.

“Yang dibersihkan tidak hanya di Kendal Kota, tapi di area perkotaan lainnya, seperti Kaliwungu, Weleri, Boja, Sukorejo dan lainnya, tapi yang di kotanya,”katanya.

Suparjono mengatakan, penyebab kotornya saluran air atau got di area kota di antaranya karena banyaknya pedagang. Kotoran yang masuk ke saluran, selain berupa sampah, juga sisa-sisa makanan yang ikut terbuang ke saluran air. Sebenarnya sudah ada himbauan kepada masyarakat supaya tidak membuang sampah sembarangan, tapi sering tidak diindahkan. “Butuh kesadaran untuk menjaga kebersihan, karena himbauan sudah dilakukan,”ujarnya.