Ratusan Jamaah Ikut Sholat Gerhana Bulan di Masjid Agung Kendal

Ratusan jamaah Masjid Agung Kendal lakukan sholat gerhana bulan

0
557

Jika terjadi gerhana, maka disunahkan untuk melaksanakan sholat gerhana. Setelah itu perbanyak mengucapkan istighfar. Pesan ini disampaikan oleh Imam Masjid Agung Kendal, KH Makmun Amin dalam khutbah sholat gerhana bulan di Masjid Agung Kendal, Rabu (31/1/2018). “Sebagaimana dalam hadits, Nabi Muhammad meminta agar melakukan sholat gerhana, jika terjadi gerhana,”ucapnya.

Dikatakan, terjadinya gerhana bulan dan matahari menunjukkan maha besarnya kekuasaan Allah. Gerhana bulan total terjadi tiap 150 tahun sekali. “Semoga dengan adanya gerhana bulan total ini akan membawa keberkahan dan dijauhkan dari bala bencana,”harapnya.

Sholat gerhana bulan ini jarang terjadi, karena itu sebelum sholat sunah gerhana dimulai, imam sholat memberitahukan tentang tatacara sholatnya. Karena sholat sunah gerhana itu berada dengan sholat sunah biada. Sholat sunah gerhana dilakukan dua rakaat, tapi tiap rakaatnya ada dua iktidal. Setelah iktidal pertama, kembali membaca surat Al Fatihah. Usai sholat dilakukan khutbah.

Saat terjadi gerhana bulan, cuaca di Kendal mendung, sehingga pada peristiwa yang lama terjadi itu, bulan tidak terlihat karena tertutup awan.