SMK NU 01 Kendal Gelar Pelatihan Internet Marketing

SMK NU 01 Kendal gelar pelatihan internet marketing

0
159
Para lulusan SMK masih sangat jarang yang terjun ke dunia usaha sebagai enterpreuner. Padalah di era IT, bisa memanfaatkan internet untuk memasarkan atau mempromosikan produk usahanya. Menghadapi hal tersebut, SMK NU 01 Kendal menggandeng komunitas Internet Marketer Nahdlotul Ulama (IMNU) Dewan Koordinasi Cabang Kendal untuk melakukan pembekalan bagi kelas XII dan mempersiapkan siswa siswi kelas X dan XI agar dapat mempelajari digital marketing sejak duduk di bangku SMK.

“Untuk pembekalan siswa kelas XII hari ini sifatnya masih perkenalan, nanti akan dilanjutkan pada pelatihan yang lebih intensif lagi, silahkan bagi kelas XII mengikuti informasinya melalui WA group yang telah disediakan,”kata Mokh Izzudin, M.Pd Kepala SMK NU 01 Kendal.
SMK NU 01 Kendal saat ini membuka 7 jurusan yaitu Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Pemasaran, Busana Butik, Jasa Boga, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Kendaraan Ringan. Selain itu disetiap jurusan mempunyai kegiatan unit produksi sebagai sarana belajar siswa-siswi dalam berwirausaha di antaranya adalah unit produksi mini market,  unit produksi service komputer,  unit produksi garmen, unit produksi bengkel sepeda motor dan unit produksi server pulsa.
Dengan jumlah anak didik mencapai 869 siswa, pada tahun 2018 ini SMK NU 01 Kendal akan meluluskan 287 siswa, harapannya setelah lulus sekolah mereka dapat menjadi kader-kader enterpreuner muda di lingkungannya masing-masing.
“Namun untuk dapat mewujudkan hal tersebut tidaklah mudah, banyak faktor yang menjadi kendala, untuk itulah kami menggandeng IMNU Kendal agar dapat membantu mempersiapkan siswa-siswi SMK NU 01 Kendal menjadi digital enterpreuner.”sambung Izzudin.
Kegiatan pelatihan internet marketing yang di pandu oleh tim IMNU Kendal kepada para calon lulusan tahun 2018 dimulai pada Sabtu (28/4/2018). Tidak hanya itu, sehari sebelumnya mereka telah melakukan penjaringan kepada siswa siswi kelas X dan XII dan terpilih 25 anak yang akan dipersiapkan sebagai kader penggerak Digital Enterpreuner di lingkungan sekolah, mereka akan akan secara intensif didampingi oleh tim dari IMNU Kendal.
Menurut Masjamal, sapaan akrab  koordinator IMNU Kendal, kesempatan bekerja di dunia online masih sangat luas,  dan sangat banyak lahan garapannya, mulai dari publisher sampai dropshiper. Namun untuk siswa-siswi SMK NU 01 Kendal ini lebih difokuskan pada pembelajaran tentang Digital Marketing, yang diintegerasikan dengan unit-unit produksi yang telah berjalan di SMK NU 01 Kendal.
“Jadi disamping anak-anak menguasai sistem pemasaran online, unit produksinya juga bisa berjalan dengan adanya transaksi dan penjualan yang dihasilkan oleh anak-anak yang dilakukan secara online,”katanya.