Dispendukcapil Kendal Upayakan Tambah Alat Cetak KTP Elektronik

Pencetakan KTP elektronik dipercepat

0
381
Kepala Dinas Penduduk dan Pecatatan Sipil (Dispenduk) Kendal terus berupaya meningkatkan jumlah pencetakan KTP elektronik. Kepala Dispendukcapil Kendal, Bambang Dwiyono mengatakan, saat ini untuk pencetakan KTP elektronik mampu mencetak hingga 550 KTP elektonik sehari. “Kami merencanakan akan menambah alat pencetakan agar kami mampu mencetak sebanyak 1000 hingga 1500 KTP tiap harinya,”katanya.

Bambang mengatakan, pencetakan KTP elektronik tidak mesti bisa dilakukan dalam sehari, sebab masih ada kendala yang dihadapi, yaitu saat data penduduk di server pusat Kementrian Dalam Negeri. Jika kode penduduk masih SFE (Send For Enrollment) maka KTP elektronik belum bisa dicetak karena sedang diproses di KTP. Tapi kalau setelah dicek, kodenya berganti PRR (Print Ready Record) maka KTP sudah dapat dicetak. “Jadi, pencetakan KTP elektronik harus menunggu proses ke server pusat dulu,”ujarnya.

Ia mengatakan saat ini Dispendukcapil sudah mencetak 91,5% data penduduk Kendal yang wajib memiliki KTP elektronik. Ia menjelaskan dari total 737.947 orang yang wajib memiliki KTP elektronik, saat ini yang belum melakukan perekaman sebanyak 26.719 orang. Untuk blangko KTP Elektronik stoknya masih mencukupi, yakni ada sekitar16 ribuan blanko KTP Elektronik.

“Untuk pelayanan lainnya seperti pengurusan KK, Akta Kelahiran atau Akta Kematian, pihaknya jadikan hal itu satu paket dan dapat selesai dalam waktu 1X24 jam,”jelasnya.