Polres Kendal Gelar Simulasi Pengamanan Markas

Polres Kendal gelar simulasi pengamanan markas

0
104

Polres Kendal mengadakan kegiatan simulasi pengamanan markas dengan alarm styling atau Panggilan Luar Biasa (PLB) Kamis (17/5/2018). Yang bikin mengejutkan, kegiatan dilakukan secara mendadak dan tanpa ada pemberitahuan sebelumnya, karena memang tujuannya untuk melatih sejauh mana kesiapan anggota.

Tiba-tiba alarm Styling berbunyi, sehingga anggota Polres Kendal langsung berlari dan berhamburan keluar ruangan menuju sekeliling markas membuat pagar betis dan berlindung. Diserta dentingan lonceng ada yang berlari menuju gerbang markas, ada yang menuju balik pagar timur, barat, selatan dan utara untuk berjaga-jaga, serta membuat pagar betis mengelilingi gedung Mapolres dan mengamankan ruang arsip juga gudang senjata. Dalam kondisi ini, pasukan Dalmas mengambil senjata dan langsung mengambil posisi siaga.

Terompet Alarm Styling ini dibunyikan karena Polres Kendal mendapat serbuan dan dinyatakan dalam kondisi darurat. Namun serangan kali ini bukanlah kejadian yang sebenarnya, melainkan Kapolres Kendal AKBP Adiwijaya, S.I.K. ingin mengetahui sejauh mana tingkat kesiapsiagaan dan ketanggapsegeraan anggotanya menghadapi situasi kontijensi.

Kapolres Kendal AKBP Adiwijaya mengatakan, kegiatan simulasi pengamanan markas ini dilakukan secara mendadak dan tanpa ada pemberitahuan sebelumnya, karena memang tujuannya untuk melatih sejauh mana kesiapan anggota. Dengan adanya kejadian serangan teror yang terjadi baru-baru ini yang menyerang markas Kepolisian dimungkinkan tingkat kerawanan semakin meningkat dan bisa terjadi dimana saja. “Kegiatan ini untuk melihat kepekaan dan ketanggapan anggota dalam menyikapi perkembangan situasi dan kondisi disekitarnya sangat dibutuhkan”, tutur Kapolres.

AKBP Adiwijaya yang memimpin langsung jalannya simulasi itu menyampaikan bahwa Alarm Styling dilakukan ketika ada situasi kontijensi dimana keadaan dalam kondisi darurat dan membutuhkan kehadiran anggota Polri dalam jumlah banyak dalam waktu yang singkat. “Kesiapan ini harus dilatihkan kepada anggota agar selalu siap dan tanggap dalam kondisi apapun dan waktu kapan pun,”ujarnya.