KPU Kendal Mulai Lakukan Pelipatan Suara Pilgub

Pelipatan surat suara Pilgub Jateng di KPU Kendal

0
195

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal pada Rabu 23 Mei 2018 mulai melakukan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018. Pelipatan suarat suara yang dilakukan di Aula KPU Kendal dilakukan oleh tenaga lepas dari luar KPU sekitar 150 orang.

Sekertaris KPU Kendal Sumaryatmo mengatakan, total surat suara yang akan dilipat sebanyak 776.934 lembar. Jumlah tersebut merupakan jumlah DPT ditambah 2,5 persen. pengerjaan pelipatan surat suara diawali dengan menghitung awal dari packing, kemudian menyortir, dilanjutkan dengan melipat, dan melakukan packing kembali menjadi 1 bandel tiap 25 lembar surat suara. “Proses pelipatan surat suara ini ditargetkan selesai selama 4 hari,”katanya.

Sumaryatmo mengatakan, surat suara yang tergolong rusak akan dipisah tersendiri dan akan dilaporkan ke KPU Provinsi. Pelaksanaan pelipatan surat suara ini diawasi oleh pihak Kepolisian, TNI, dan Panwaslu. “Untuk sementara baru ditemukan surat suara yang terdapat titik, sehingga harus dipisahkan,”jelasnya.

Sementara itu Ketua Panwaslu Kendal, Ubaidilah mengatakan, pihaknya melakukan pengawasan pelipatan surat suara ini sampai selesai atau sampai semuanya dilakukan pengepakan. Pengawasan terhadap surat suara ini dilakukan supaya surat suara yang digunakan pada Pilgub nanti benar-benar baik. “Jangan sampai ada surat suara yang rusak, karena akan menimbulkan permasalahan pada saat pencoblosan nanti,”ujarnya.