Jembatan Tol Kalikuto Diperkirakan H – 3 Lebaran Baru Bisa Dilalui

Menteri PUPR cek jalan tol di Gringsing

0
1228

Jembatan tol di Kalikuto Gringsing diperkirakan baru bisa dilalui pada H minus 2 atau 3 Lebaran mendatang. Hal ini disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimulyono saat mengecek pembangunan jalan tol di Jembatan Kalikuto Gringsing, Sabtu (26/5/2018). Saat ini masih dalam tahap pemasangan pelengkung box jembatan yang dilanjutkan dengan pemasangan girder dan srand penggantung yang diperkirakan tanggal 13 Juni mendatang sudah selesai.

“Pemasangan pelengkung box jembatan ini yang membutuhkan waktu, karena baru pertama kali ini pemasangannya dilakukan di lokasi,”katanya.

Dikatakan, jalan tol sepanjang 150 kilometer mulai dari Brebes Exit (Brexit) sampai Krapyak Semarang, yang  sudah dilakukan rijit beton sepanjang 132 kilometer  dan sisanya sepanjang 18 kilometer dilakukan pengaspalan. Untuk jalan tol mulai dari Gandulan Pemalang sampai Krapyak Semarang secara umum sudah bisa dilalui mulai 30 Juni 2018 mendatang.
“Jika jembatan tol Kalikuto belum bisa difungsikan, maka sudah dibuatkan jalur alternatif sekitar 500 meter untuk masuk kembali ke tol sampai tol di Sambongsari sampai Krapyak Semarang,”jelasnya.
Sementara Manajer Proyek PT Waskita Karya, Muhamad mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya segera memasang rambu-rambu di jalan tol fungsional. “Kami segera melakukan pemasangan rambu-rambu dan merapikan kondisi jalan, sehingga bisa nyaman dilalui saat mudik Lebaran nanti”katanya