Gereja Santo Antinius Padua Kendal Gelar Buka Puasa Bersama

Gereja Santo Antinius Padua Kendal gelar buka puasa bersama

0
61

Ada hal yang tidak biasa dan baru pertama kalinya terjadi di Aula Gereja Santo Antonius Padua di Jalan Pemuda Kendal pada Selasa (12/6/2018) sore. Yaitu dikumandangkannya alunan ayat-ayat suci Al Quran dan musik rebana. Sore itu Orang Muda Kendal (OMK) yang merupakan kelompok anak muda Katolik menggelar acara buka puasa bersama dengan mengundang Bupati Kendal dan anggota Forkompimda Kendal, FKUB Kendal bersama warga muslim sekitar.

Seperti acara pengajian umumnya, pada acara yang diberi judul Buka Bersama Persaudaraan Sejati diisi dengan tausiyah atau cerama agama Islam. Takmir Masjid Agung Kendal, KH Ubaidulah yang juga sebagai Ketua FKUP hadir pengisi tausiyah. Sebelumnya diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Quran oleh Ustad Mujoyono, serta hiburan seni hadroh Al Abror dari Uniss Kendal.
Wakil Ketua OMK,  Hendra Irawan, pihak gereja sengaja menggelar acara buka puasa bersama ini untuk menunjukkan adanya kebersamaan antar umat beragama, khususnya umat Nasrani dengan islam. Tujuannya akan selalu hidup berdampingan dengan rukun, sehingga selalu tercipta kedamaian. “Kegiatan ini juga untuk menyikapi adanya kejadian-kejadian teror bom di daerah lain, bahwa kejadian itu bukan dari orang-orang yang beragama, karena pada hakekatnya semua agama itu mengajarkan kebaikan, saling mengasihi dan saling berbagi. Kemudian juga agar di tahun politik ini semua bisa menjaga kedamaian,”tuturnya.
Hendra juga menambahkan, bahwa gereja ini terbuka untuk siapa saja tanpa memandang agama. Hal ini sebenarnya sudah dilakukan sejak dulu, yaitu menyediakan lapangan bulutangkis untuk latihan bersama. “Kami menunjukkan, bahwa gereja ini terbuka untuk siapa saja, bahkan sebagian besar yang ikut latihan bulutangkis itu orang Islam,”katanya.
Pendeta Gereja Santo Antonius Padua, Romo Sunaryadi juga berharap agar terus dibangun kerjasama yang baik dari berbagai agama. “Perlu terus dibangun kerjasama apa saja untuk menunjukkan bahwa kita ini hidup rukun dan berdampingan,”ujarnya.