Menyambut Lebaran, Pedagang Ayam Merah Menjamur di Pasar Kendal.

Menyambut Lebaran, pedagang ayam merah menjamur di Pasar Kendal.

0
72

Ayam berbulu merah mendadak menjadi favorit di setiap moment lebaran. Pasalnya, ayam merah menjadi alternatif bagi kebanyakan warga sebagai lauk favorit untuk menggantikan ayam kampung yang harganya cukup mahal. Dibanding ayam sayur, ayam merah dagingnya lebih enak dan mendekati daging ayam kampung, sehingga menjadi pilihan bagi warga.

Karena ayam merah banyak dicari warga, maka menjelang lebaran banyak pedagang ayam tiban yang khusus menjual ayam merah. Seperti di Pasar Kendal, para pedagang ayam merah terkonsentrasi di tepi jalan di sebelah utara pasar. Mereka mencari tempat yang luang yang bisa dijadikan tempat sementara untuk tempat jualan. Pedagang lama yang biasanya menjual ayam kampung, bebek dan mentok juga ada ikut-ikutan menjual ayam merah.
Menurut Emma, warga Cepiring, harga ayam merah kisaran Rp 55 ribu sampai 65 ribu per ekor. Sementara harga ayam kampung betina Rp 100 sampai Rp 120 ribu per ekor, sedangkan harga ayam jago kampung Rp 170 ribu sampai Rp 200 ribu per ekor. Biasanya harga tergantung dengan besar kecilnya ayam dan kondisi fisik ayam. “Biasanya harga bisa ditawar sedikit,”katanya.