Meski Jembatan Tol Kalikuto sudah Dibuka, Arus Lalulintas Pantura Tetap Ramai

Paska dibukanya jembatan tol Kalikuto untuk arus mudik

0
105

Jembatan tol Kalikuto yang menghubungkan wilayah Batang dengan Kendal secara resmi dibuka untuk arus mudik Lebaran oleh Menteri PUPR pata H-2 Lebaran, Rabu (13/6/2018). Namun pengemudi harus berhati-hati kelita melintas jembatan Plengkung tersebut dengan kecepatan maksimum 20 kilometer per jam. Pasalnya kondisi jembatan masih darurat, hanya bisa dilalui untuk satu jalur atau tidak bisa untuk simpangan dari dua arah. Akibatnya arus lalulintas harus mengantri, sehingga terjadi antrian yang panjang.

Untuk mengantisipasi kemacetan panjang, polisi memberlakukan buka tutup di Exit Gringsing Batang, yaitu kendaraan dari arah barat dikeluarkan ke Exit Gringsing, kemudian masuk jalur pantura Kendal.  Namun ketika antrian panjang di jembatan sudah lancar, maka kendaraan dilewatkan melalui Jembatan Kalikuto.

Sementara arus lalulintas di jalur Pantura Kendal, tampak normal, bahkan kadang terlihat lengang.  Kondisi ini terlihat hingga Kamis, (14/6/2018) malam.

Kapolsek Weleri, AKP abdulah Umar mengatakan, kendati Jembatan Tol Kalikuto sudah dibuka, namun pengamanan arus lalulintas jalur pantura tetap seperti biasa. “Pengamanan lalulintas tetap seperti biasa, karena arus mudik, baik arus dari barat maupun timur tetap ramai,”ujarnya.