Petugas Pelabuhan Kendal Periksa Penumpang sebelum Naik Kapal

Petugas Pelabuhan Kendal periksa penumpang sbelum naik kapal

0
587

Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal berupaya memperketat pemeriksaan dan mengantisipasi adanya penumpang gelap atau tidak terdaftar yang masuk ke dalam kapal.. Selain itu, untuk meminimalisir tonase kapal sebelum berlayar. Satu persatu penumpang yang akan masuk dan naik ke KMP Kalibodri diperiksa petugas serta wajib memegang tiket sendiri-sendiri.

“Seluruh penumpang dicocokan dengan identitas dan petugas melakukan pemeriksaan jumlah tiket dengan penumpang yang naik di KMP Kalibodri. Tidak hanya penumpang, tapi mobil angkutan yang diangkut KMP Kalibodri juga diperiksa muatannya agar tidak membahayakan saat perjalanan menuju Kumai Kalimantan Tengah,” kata Kepala UPTD Pelabuhan Kendal, Andi Rahmat.

Andi mengatakan, selama ini KMP Kalibodri menuju ke Kumai Kalimantan Tengah mengangkut jumlah penumpang yang masih dibawah toleransi kapal. Seperti pada Selasa (3/6/2018) jumlah penumpang sebanyak 490 orang. “Jumlah penumpang ini sudah sesuai dengan kapasitas kapal sehiingga tidak membahayakan perjalanan,” jelasnya.

Sementara itu salah satu penumpang KMP Kalibodri, Munawaroh mengatakan lebih nyaman jika penumpang yang diangkut sesuai dengan kapasitas. “Jika terlalu penuh tidak nyaman selama perjalanan, sebab jarak tempuh cukup lama,” ujarnya.

Diketahui, KMP Kalibodri sendiri menjadi sarana angkutan laut alternatif pekerja asal Jawa Tengah yang mengadu nasib di Kalimantan. Harga tiket yang lebih murah dibandingkan dengan kapal lain membuat warga menyukainya sebagai kendaraan laut.