Polres Kendal Panggil Pemilik Akun Facebook Penyebar Berita Hoax terkait Kerusuhan Antarsuporter

Polres Kendal panggil penyebar berita hoax di facebook

0
123

Polres Kendal memanggil penyebar berita hoax di facebook terkait peristiwa tawur antar suporter sepakbola saat pertandingan Persis Kendal dengan Persis Solo pada Senin 9 Juli lalu. Nama pemilik akun berinisial NK dimintai keterangan, karena menyebar berita hoax yang disertai dengan foto lama, bukan foto kejadian yang sebenarnya.

“Dia mengunggah foto orang yang seolah-olah korban tawuran antar suporter, padahal itu foto lama,”kata Kasatresmrim Polres Kendal, AKP Nanung Nugroho, Rabu (11/7/2018) di Polres Kendal.

AKP Nanung Nugroho mengatakan, terhadap penyebar berita hoax dapat dikenai pasal 28 ayat 2 Undang-undang ITE dengan ancaman hukuman 6 tahun dan denda 1 miliar rupiah. “Hari ini dipanggil untuk dimintai keterangan,”kata AKP Nanung.

Sementara Kapolres Kendal AKBP Adiwijaya menegaskan, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, tapi hanya ada beberapa yang luka ringan dari kedua belah pihak dan setelah mendapat perawatan, langsung diperbolehkan pulang. Kejadian tersebut pun bisa ditangani dengan cepat dan tidak sampai meluas. “Petugas saat itu langsung sigap untuk melakukan pengamanan. Ada 300 personil yang dikerahkan dan bantuan satu kompi dari Polda Jateng,”katanya.