Wirausaha Muda Kendal Belajar Publik Speaking

Wirausaha Muda Kendal belajar Publik Speaking

0
113
Disporapar Kabupaten Kendal dan DPD KNPI Kab. Kendal kembali mengadakan “Sekolah Bisnis Kendal” yang diadakan selama 2 minggu, mulai Senin (9/7/2018) lalu. Materi yang disampaikan tidak hanya materi tentang bisnis atau kewiraushaan, tapi juga disampaikan materi penunjang usaha, seperti materi tentang Kemampuan Speaking Bagi Pelaku UKM yang diberikan di Ruang Mranggen Galeri, Rabu  (11/07/2018).

Acara yang diikuti 50 peserta yang lolos seleksi Sekolah Bisnis Kendal ini diberikan oleh Mas Hasan yang merupakan ketua umum Forum Pemuda dan Pelajar Jawa Tengah ini sharing tentang Bagaimana Teknik Berbicara.
Dalam Prolognya beliau menukil pepatah bahwa “Pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar”. Untuk itu jika pelaku wirausaha mencintai pekerjaan wirausahanya, maka ketika bekerja tidak akan terasa berat.
Dalam paparan materinya, ia mengatakan bahwa dunia bisnis atau usaha tidak akan terlepas dari komunikasi, maka belajar publik speaking atau berbicara dihadapan umum atau orang lain sangatlah penting. Untuk itu [erlu mengetahui beberapa teknis yang harus dikuasai. Dikatakan, ada 3 teknis yang harus dikuasi yaitu Pre-Communication (kuasa materi,Percaya diri dan Bahasa yang tepat), On-Communication (Komunikasi langsung,Tidak langsung, Melihat siapa lawan bicaranya, Gaya tubuh yang baik,Jangan merasa sok Tahu, Jujur, Negoisasi serta Belajar mendengarkan), Post-Communication (Kejujuran, Kualitas Produk, Pelayanan Maksimal, Memberikan Nilai lebih, Pengolahan data yang baik).
“Komunikasi antara produsen dan konsumen harus terjaga dengan baik dengan mengedapankan kejujuran, bahasa santun dan unggah-ungguh (perilaku) yang baik”,jelasnya.
Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI ) Kab. Kendal Nanang Husni Faruq dalam akhir statmentnya mengatakan, pelatihan Publik Speaking ini sangat penting bagi pelaku usaha, karena kemampuan komunikasi yang baik bisa meningkatkan hasil yang maksimal.
“Kami atas nama Disporapar Kabupaten Kendal dan DPD KNPI Kab. Kendal mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran Mas Hasan yang bisa meluangkan waktu untuk Sharing bersama.”ucapnya.