Rancangan KUA-PPAS Kabupaten Kendal Tahun 2019 siap Dibahas

Rancangan KUA-PPAS Kab Kendal tahun anggaran 2019

0
113

Kebijakan Umum APBD (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Kab Kendal Tahun 2018 siap dibahas. Hal ini setelah Bupati Kendal menyerahkan naskah KUA-PPAS kepada DPDR Kendal dalam Rapat Paripurna DPRD Kendal, Jumat (13/7/2018) di Ruang Paripurna DPDR Kendal. KUA-PPAS ini sebagai dasar acuan dalam penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun anggaran 2019.

Dalam naskah setebal 211 halaman itu disebutkan, bahwa arah kebijakan tahun 2019 adalah “Kendal Mandiri”, yang menitikberatkan pada pembangunan ekonomi kerakyatan, penurunan angka kemiskinan dan penurunan pengangguran. Selain itu juga memperhatikan keterlibatan pemuda dalam pembangunan.
Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur dalam sambutannya mengatakan, bahwa arah kebijakannya yaitu penurunan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat desa melalui penguatan kelembagaan BUMDes, pemberdayaan usaha ekonomi perdesaan, perbaikan masalah kesejahteraan sosial, peningkatan perempuan dalam pembangunan, peningkatan peran serta masyarakat dalam keluarga an peningkatan kualitas KB. Pembangunan ekonomi kerakyatan dan penurunan kemiskinan dengan memperhatikan peningkatan kualitas pelayanan investasi daerah dan penciptaan lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran. Peningkatan kualitas dan saya saing SDM melalui peningkatan kualitas pendidikan formal dan peningkatan kualitas dan kesejahteraan tenaga pendidik dan kependidikan, peningkatan standarisasi pelayanan kesehatan, peningkatan mutu dan akses pelayanan kesehatan, peningkatan kesadaran masyarakat dalam pengembangan lingkungan. Peningkatan pemerataan pembangunan infrastruktur melalui peningkatan pembangunan jalan, jembatan, jaringak irigasi, ketersediaan air bersih dan sanitasi dan penataan penanganan kawasan kumuh.
“Fokus prioritas  pada tahun 2019 dititikberatkan pada hal-hal sebagai berikut, yaitu pengembangan daya saing ekonomi daerah berbasis potensi unggulan, pengembangan dan penguatan ekonomi perdesaan, ketahanan pangan dan energi, pengembangan ekonomi kreatif, penanggulangan kemiskinan, peningkatan kualitas dan daya saing SDM, penciptaan lapangan pekerjaan, dan pemerataan pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan berkelanjutan,”jelasnya.
Rancangan KUA-PPAS ini selanjutnya akan dibahas bersama oleh Tim Angaran Pemerintah Daerah dan Badan Anggaran DPRD untuk disepakati bersama sebagai dasar Pemda dalam menyusun RAPBD tahun anggaran 2019.