Orang Tua Masih Tunggui Anaknya di Hari Pertama Masuk Sekolah

Hari pertama murid kelas 1 SD Patukangan 1 Kendal

0
95
Hari pertama sebagai murid baru sekolah dasar pada Senin 16 Juli 2018, murid-murid kelas 1 di SD Negeri 1 Patukangan Kota Kendal sebagian besar masih ditunggui oleh orang tua masing-masing. Namun para orang tua hanya menunggu di luar kelas, karena pihak sekolah tidak memperkenankan orang tua masuk dalam kelas. Pada jam istirahat, pihak orang tua diperkenankan bertemu dengan anaknya, karena di hari pertama, anak-anak masih belum tahu lingkungan sekolah, seperti lokasi kamar kecil dan kantin sekolah. Sehingga ketika anak ingin ke kamar kecil atau ingin membeli jajan, maka bisa diantar oleh orang tuanya.

Guru wali kelas 1 A SD Patukangan Kota Kendal, Lia Kusumawati mengatakan, orang tua hanya mengantar sampai di luar sekolah, tapi tidak diperkenankan masuk kelas. Hal ini agar anak-anak bisa mandiri. “Pada hari pertama ini tidak ada anak yang menangis. Kelihatannya tidak ada yang takut, malah terlihat senang bisa bermain-maindengan teman-temannya,”katanya.
Salah satu orang tua murid, Mas Untung mengatakan, anaknya tidak rewel di hari pertama masuk sekolah. Ia bersama orang tua murid lainnya hanya mengawasi anaknya dari luar kelas. “Karena baru masuk SD, sebagai orang tua ingin tahu saat berada di kelas. Alhamdulillah tidak rewel,”ujarnya.
Kepala SD Negeri 1 Patukangan. Akhmad mengatakan, pada hari pertama masuk sekolah, anak-anak belum mendapatkan materi pelajaran. Namun hanya sebatas perkenalan dengan guru dan sesama teman sekolah serta menyanyi bersama. Selain itu juga diberitahu tentang tatatertib di sekolah. Anak-anak juga diperkenalkan tentang lingkungan sekolah, seperti lokasi kamar kecil,  tempat sampah dan kantin sekolah. “Selama tiga hari hanya pengenalan lingkungan sekolah, dan materi pelajaran diberikan mulai Kamis mendatang,”jelasnya.