Satlantas Polres Kendal Sosialisasi Peraturan Lalulintas kepada Murid Baru SMAN 1 Cepiring

Satlantas Polres Kendal sosialisasi peraturan lalulintas kepada murid baru SMAN 1 Cepiring

0
40
Siswa baru SMP Negeri 1 Cepiring pada hari pertama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Senin (16/7/2018) menerima kedatangan anggota polisi dari Satlantas Polres Kendal. Kedatangannya merupakan kegiatan “ Road Show Police Goes To School” terkait Safety Riding untuk memberikan sosialisasi tentang Undang-undang Lalulintas. Materi yang disampaikan oleh Satlantas Polres Kendal lebih fokus pada cara menggunakan sepeda motor yang benar, mulai dari cara memakai helm yang benar dan peraturan lalulintas lainnya.

Kasatlantas Polres Kendal AKP Edy Sutrisno sengaja menghadirkan Aipda Agung anggota Ditlantas Polda Jateng yang terkenal dengan gaya khas penuh humor dalam menyampaikan materi, sehingga membuat suasana menjadi menyenangkan. Dalam memberikan paparan juga diperagakan langsung, sehingga mudah dimengerti oleh para siswa. Seperti memakai helm dengan cara yang salah dan berkendara sambil memegang HP bisa berakibat fatal.

Kasatlantas Polres Kendal AKP Edy Sutrisno mengatakan, sangat penting bagi pelajar untuk mengetahui peraturan lalulintas. Pasalnya kejadian kecelakaan lalulintas sebagian besar dialami oleh usia produktif termasuk kalangan pelajar. Sedangkan kecelakaan lalulintas itu kebanyakan terjadi akibat pelanggaran lalulintas. Oleh karena itu, dengan sosialisasi ini diharapkan para pelajar mengetahui tentang peraturan lalulintas, sehingga tidak akan melanggar laluluntas. Dengan demikian angka kecelakaan lalulintas semakin menurun. “Dalam Masa Pengenelan Lingkungan Sekolah ini kita turut memberikan penjabaran kepada adik-adik yang baru masuk SMA untuk memperhatikan tata tertib lalu lintas, sekaligus menjelaskan bahwa angka kecelakaan ini lebih besar terjadi pada usia muda” jelasnya.
Kepala SMA Negeri 1 Cepiring Endang Widarti menyambut baik kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh pihak kepolisian.  Bahkan berharap kegiatan sosialisasi ini tidak sekali ini saja, namun bisa dilakukan kembali pada moment lainnya. Menurutnya pembelajaran langsung dari Kepolisian lebih baik dan dapat langsung diterima oleh para siswa. “Kami merasa senang anak didiknya mendapatkan sosialisasi tentang peraturan lalulintas, karena pengetahuan tentang peraturan lalulintas sangat penting bagi pelajar supaya tidak melakukan pelanggaran lalulintas,”katanya.