Mashuri Terpilih sebagai Ketua Percasi Kendal Periode 2018-2022

Mashuri, terpilih sebagai Ketua Percasi Kendal 2018-2022

0
145
Mashuri, Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kendal terpilih untuk periode 2018-2022 menyatakan siap untuk melindungi atlet catur dari Kendal agar tidak membela kabupaten/kota lainnya. Pernyataan ini disampaikan Mashuri setelah terpilih menjadi ketua Percasi Kendal pada pemilihan yang digelar di kediaman Abdus Salam ketua sebelumnya, Minggu (29/7/2018) malam.

Mashuri mengatakan, Kabupaten Kendal banyak memiliki pecatur handal. Beberapa atlet catur Kendal bahkan pernah menjadi juara dunia.  Namun, sayangnya, mereka pindah untuk membela daerah lain, karena kurangnya perhatian dari pemerintah daerah. Dia mencontohkan Farid Firmansyah pada 2007 menjadi juara dunia catur tingkat pelajar ketika baru berusia 15 tahun. Namun, sekarang yang bersangkutan membela Jawa Barat. Atlet lain, yakni Eri Purnomo, sejak tahun lalu justru membela Provinsi Bengkulu. Sementara atlet catur yang masih bertahan membela Kendal antara lain Mansur Hidayat yang juara pertama kejuaraan catur yang digelar di Jakarta pada 2007 silam. “Kami siap untuk melindungi atlet catur Kendal, supaya tidak membela wilayah lain,’’ujarnya.
Sebagai Ketua Percasi Kendal, ia berencana menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah kabupaten untuk meningkatkan prestasi catur di Kabupaten Kendal. Program yang akan dilaksanakan di antaranya menggelar kejuaraan catur untuk mencari atlet yang berprestasi. “Bukan sekedar menggelar kejuaraan, tapi akan memperhatikan para atlet yang berprestasi,”katanya.
Ketua panitia, Abdul Latif, menjelaskan, dalam pemilihan, terdapat tiga calon yang maju sebagai ketua. Mereka adalah Abdus Salam, Kadarusman, dan Mashhuri. Sebanyak 17 peserta musyawarah kabupaten yang memiliki hak suara memberikan suaranya. Setelah dilakukan pemungutan suara, Mashuri meraih delapan suara diikuti Kadarusman lima, dan Abdus Salam empat. “Dengan begitu, Mashuri terpilih menjadi Ketua Percasi periode 2018-2022,”jelasnya.