Petani di Kawasan Hutan Darupono Minta Pemerintah Bantu Bibit Tanaman

Kunjungan kerja Komisi IV DPR RI di Desa Darupono Kaliwungu Selatan

0
45

Petani di wilayah Hutan Darupono Kaliwungu Selatan meminta bantuan bibit tanaman, seperti bibit tanaman kopi, jagung dan empat-empon. Permintaan ini disampaikan saat anggota Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja untuk bertemu dengan kelompok tani setempat pada Senin 30 Juli 2018 di Kawasan Hutan Lindung Darupono. Kunjungan kerja wakil rakyat untuk menyerap aspirasi para petani tersebut juga didampingi pejabat Kementerian Pertanian. Hadir pula pejabat dari Provinsi Jateng dan Bupati Kendal bersama pejabat terkait.

Sugiono, Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat pada kesempatan tersebut menyampaikan banyak hal terkait dengan kondisi para petani. Di antaranya mengenai kebutuhan bibit tanaman dan permasalahan kesulitan air untuk tanaman pertanian. “Kami para petani di sini membutuhkan bibit tanaman kopi, jagung dan bibit tanaman empon-empon seperti jahe, kunyit, karena tanah di sini cocok dan banyak warga yang menanam,”ujarnya.

Anggota Komisi IV DPR RI Fadholi mengatakan, akan menyampaikan permintaan tersebut kepada pemerintah pusat. Untuk teknisnya agar berkoordinasi dengan dinas terkait dengan mengajukan proposal. Menurut Fadholi, bukan hanya bantuan bibit tanaman, pihaknya juga akan mengupayakan untuk membantu mengatasi masalah pengairan seperti membangun irigasi. Pasalnya pertanian di sekitar kawasan tersebut masih kesulitan air. “Selain akan mengupayakan bantuan bibit tanaman, kami juga akan melakukan pendampingan terhadap para petani untuk mengembangkan pertaniannya,”katanya.