41 Pejabat Eselon III Masih Jalani Proses Pemeriksaan Terkait Tindakan Indisipliner

41 Pejabat Eselom III Pemkab Kendal masih jalani proses pemeriksaan terkait tindakan indisipliner

0
57
Tiga pejabat eselon III Pemkab Kendal akan mendapat pembinaan internal dari Bupati Kendal terkait dengan tindakan indisipliner. Sedangkan yang 38 pejabat dilakukan pembinaan secara bersama-sama. Mereka adalah para pejabat yang tidak menghadiri upacara dan resepsi peringatan Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-413 dan yang tidak mengikuti acara tersebut sampai selesai pada Sabtu (28/7/2018). Terkait dengan sanksi yang akan diberikan, masih menunggu hasil proses pemeriksaan yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Pemkab Kendal.

Kabid Pembinaan Kesejahteraan dan Data Pegawai pada BKPP Pemkab Kendal, Abdul Basir mengatakan, mereka harus membuat surat pernyataan dengan dilampiri bukti-bukti. Jika ketidakhadirannya karena ada tugas dinas, maka harus ada keterangan surat tugas yang ditandatangani oleh pimpinan. Sedangkan yang ketidakhadirannya karena sakit atau menunggu keluarga yang sakit, maka harus dibuktikan dengan surat keterangan sakit dari dokter. “Nanti setelah membuat surat pernyataan beserta bukti-bukti lengkap, selanjutnya akan disampaikan kepada bupati dengan tembusan ke Inspektorat,”kata Basir (2/8/2018) di ruang kerjanya.
Basir mengatakan, selanjutnya pihak Inspektoran yang akan memeriksa keabsahan bukti-bukti tersebut. Setelah itu baru bisa diambil kesimpulan atau tindakan terhadap yang bersangkutan. Selanjutnya hasil pemeriksaan Inspektoran akan disampaikan kepada pimpinan masing-masing untuk diambil tindakan atau sanksinya. “Jadi, pimpinan tinggal mengambil tindakan atau sanksi berdasarkan hasil pemeriksaan dari Inspektorat,”jelasnya.
Sebelumnya, sehari setelah peringatan Hari Jadi Kabupaten Kendal, Bupati Kendal dr Mirna Annisa memanggail 114 pejabat yang dianggap tidak hadir dalam acara resepsi dan upacara Hari Jadi Kabupaten Kendal untuk mengikuti apel pembinaan pada Minggu (29/7/2018). Namun yang hadir di hari Minggu hanya 73 pejabat. Sebanyak 18 di antara  73 pejabat tersebut tidak hadir tanpa izin atau keterangan apapun. Dengan demikian ada 41 pejabat yang tidak hadir pada apel pembinaan yang sampai saat ini masih dalam proses pemeriksaan.