Harga Kopi di Kendal Cenderung Stabil

Harga kopi di Kendal stabil

0
37

Harga kopi di kabupaten Kendal pada masa panen tahun 2018 ini tetap stabil dibanding masa panen tahun 2017 lalu. Harga kopi untuk jenis Robusta dan Arabika sekitar Rp 22 ribu sampai 25 ribu tergantung kualitasnya. Sedangkan untuk kopi jenis Excelso harganya lebih tinggi, dengan selisih sekitar dua ribu rupiah.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal, Diah Aning Budiarti mengatakan, harga kopi tergantung kualitasnya. Biasanya kopi yang berkualitas bagus, selain bijinya besar, juga dipanen dalam kondisi sudah merah. “Buahnya dipanen ketika sudah benar-benar matang atau petik merah,”katanya.
Sementara itu anggota Komisi IV DPR RI, Fadholi mengatakan, potensi tanaman kopi di wilayah Kendal cukup bagus. Tanaman kopi hampir merata di wilayah Kendal bagian atas, seperti Boja, Limbangan, Singorojo, juga Patean Sukorejo, Plantungan dan Pageruyung, bahkan wilayah Kaliwungu Selatan. Menurutnya, potensi kopi di Kendal masih bisa ditingkatkan, baik luas areanya maupun pengolahannya. “Kami siap memintakan bantuan bibit tanaman kopi kepada pemerintah, juga melakukan pendampingan dalam hal pengolahannya,”ujarnya.
BAGIKAN