Jakerham Kendal Gelar FGD tentang Solusi Penanganan Perlindungan Anak dan Perempuan

Jakerham Kendal gelarFGD tentang perlindungan anak dan perempuan

0
92
Pengabdi Bantuan Hukum Jaringan Kerja Relawan untuk Demokrasi, Keadilan dan Hak Asasi Manusia (PBH JAKERHAM) menggelar focus group discussion dengan tema “Refleksi situasi layanan untuk perempuan dan anak korban kekerasan di  Kabupaten Kendal” Menghadirkan Ika dari IRC KJHAM yangb menyampaikan tentang fasilitas layanan perlindungan perempuan dan anak yg ada di Kendal.

Koordinator Jakerham Kendal, Achmad Misrin mengatakan, tujuan  diadakanya focus group discussion adalah untuk mencari masukan guna memaksimalkan akses pelayanan dalam memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak di Kabuapten Kendal. “Kami mengundang jaringan yang concern terhadap perlindungan perempuan dan anak di Kabuapten Kendal,”katanya.
Misrin mengatakan, bahwa Kabupaten Kendal telah mendapatkan penghargaan dari Kementrian Perlindungan Perempuan sebagai Kabupaten Layak Anak, namun sebaliknya jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak memperoleh ringking ke-2 terbesar di Jawa Tengah setelah Kota Semarang.
“Sekarang ini setiap kabupaten, termasuk Kendal telah memiliki akses layanan dan penanganan bagi korban dengan mendirikan PPT (Pusat Pelayanan Terpadu)/ P2TP2A (Pusat Pemberdayaan, Penanganan Terpadu, Perlindungan Perempuan dan Anak) sebagai bentuk kepedulian negara terhadap korban sebagaimaba di amanatkan dalam CEDAW (convention of elimination, discrimation Againt Women’s). Ini yang harus dioptimalkan dalam menjalankan tugasnya,”harapnya.
Sementara itu Sekretaris Jakerham Kendal, Ainur Rofiq mengatakan, rencana tindak lanjut hasil diskusi ini, nantinya akan mengadakan audiensi dengan Bupati dan ketua DPRD Kendal.
“Kami juga bersedia membantu menjadi tim perumus peraturan bupati tentang perlindungan anak dan PKDRT Kab. Kendal,”katanya.