Kecamatan Gemuh segera Wujudkan Tempat Wisata

Pembinaan Pokdarwis se Kecamatan Gemuh

0
704
Kecamatan Gemuh segera mewujudkan tempat-tempat wisata. Hal ini disampaikan Camat gemuh, M. Fatoni saat kegiatan Pembinaan Kelompok Sadar Wisata yang diadakan di Aula Kecamatan Gemuh, Minggu (26/8/2018). Pembinaan yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Gemuh bersama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kendal dihadiri eluruh kepala desa, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) serta Karangtaruna se Kecamatan Gemuh.

“Konsepnya adalah wisata terintegrasi antar desa yang ada di wilayah Gemuh. Potensi wisata yang ada, baik alam, kuliner atau lainnya akan dikembangkan menjadi obyek pariwisata andalan di wilayah tersebut dan dapat meningkatkan taraf perekonomian bagi masyarakat desa,”katanya.
Camat Toni mengatakan, saat ini dari 16 desa di Kecamatan Gemuh, baru ada satu Pokdarwis yang sudah memiliki Surat Keputusan (SK) Pendirian Objek Wisata, yaitu Desa Sojomerto. Rencananya akan memanfaatkan Bendungan Sojomerto yang dikelilingi lahan Perhutani. Desa lainnya juga siap merintis tempat wisata, seperti di Desa Triharjo punya pesona alam Bendung Juwero dan jembatan gantung.
“Akan sangat menarik jika nanti ada sajian kulinernya ragam makanan tradisionalnya dan pernak pernik oleh-oleh khas lokal. Itu semua potensi yang luar biasa ada di Kecamatan Gemuh. Ini bisa jadi wisata terintegrasi. Dengan fasilitas naik odong-odong nanti pengunjung bisa menikmati semua obyek wisata tersebut nantinya. Ini harus jadi obsesi bersama. Pokdarwis dan karangtaruna harus bergerak dengan didukung oleh pemerintah desanya. Sebab saat ini pembangunan infrastruktur yang ada di setiap desa sudah bagus. Sehingga bisa menunjang terwujudkan destinasi wisata di wilayah Gemuh,” katanya.
Ketua Pokdarwis Sojomerto, Nurhadi mengatakan, potensi wisata  yang ada akan segera diwujudkan menjadi tempat wisata, yaitu bendungan dan kawasan hutan jati yang sejuk serta Lapangan Tembak, Goa Kukulan dan tebing. “Nantinya bisa menjadi bumi perkemahan dengan kawasan hutan perhutani yang sejuk dan menawan dan Lapangan Tembak  yang sudah mashur di kalangan TNI,”ujarnya.
Sementara itu, Kabid Pariwisata Disporapar Kendal, Mardi Edi Susilo, program pembinaan Pokdarwis akan dilakukan di semua kecamatan. Hal ini untuk mewujudkan Program 101 Desa Wisata di Kabupaten Kendal yang sudah dicanangkan Bupati Kendal belum lama ini. Dikatakan, saat ini sudah ada 33 Pokdarwis yang sudah mendapatkan SK dari Bupati Kendal. Untuk desa wisata lainnya sebanyak 68 sudah dipetakan. “Masyarakat kita gugah agar menyadari potensi yang ada, sehingga nanti mereka tidak menjadi penonton tapi jadi subyek pariwisata di desa wisata,” katanya.