Asap Tebal Kebakaran TPA Darupono Ganggu Warga Sekitar

TPA Darupono terbakar lagi

0
44
Kebakaran tumpukan sampah di TPA Darupono Kaliwungu Selatan sejak Senin (10/9/2018) kemarin hingga Selasa (11/9/2018) siang belum bisa dipadamkan secara total. Walaupun api sudah bisa dimatikan, namun asap tebal masih terus menyebar, akibatnya mengganggu warga sekitar dan pengguna jalan yang melintasi wilayah Hutan Darupono.  Pasalnya kabut asap yang tebal dari kebakaran itu menghalangi pandangan para pengguna jalan sehingga rawan terjadinya kecelakaan. Jarak pandang yang bisa dijangkau oleh pengguna jalan tak lebih dari tiga meter. Namun apabila angin cukup kencang berhembus, membuat asap menjadi makin tebal dan jarak pandang pengguna jalan tak lebih dari satu meter.

Kepala Seksi Sampah, Badan Lingkungan Hidup Kendal, Muhamad Hafiz mengatakan, pihaknya telah meminta bantuan dari Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kendal untuk melakukan penyiraman air pada tumpukan sampah di TPA  Darupono yang terbakar agar segera padam.  Pada Senin sore, sebanyak dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar sampah itu. “Walaupun api sudah padam, tapi kami terus memantau kepulan asap, karena dikhawatirkan hidup kembali,”katanya.
Sementara itu, Syaiful Huda, Kasie Operasional dan Pengendalian (Opdal) Damkar pada Dinas Satpolkar Kabupaten Kendal mengatakan, petugas damkar agak sulit mengatasi asap yang terus mengepul, karena bara api cukup dalam masuk ke tumpukan sampah. Namun petugas damkar terus berupaya memadamkan asap agar tidak semakin meluas. “Air di sekitar juga sulit didapat, sehingga butuh waktu untuk memadamkan kepulan asap,”ujarnya.
BAGIKAN