PAUD Kartini Kecamatan Rowosari Raih Juara I Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten Kendal

Lomba Sekolah Sehat tingkat PAUD/TK se Kab Kendal

0
42

PAUD Kartini Kecamatan Rowosari berhasil meraih juara lomba Sekolah Sehat tingkat TK-PAUD se Kab Kendal tahun 2018 yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Kendal. Juara kedua TK Kartini Kec Limbangan dan juara ketiga TK Pertiwi Kota Kendal. Sedangkan juara harapan satu TK Al Ihsan Kec Patean dan juara harapan kedua TK ABA Kec Sukorejo.

Kasi PAUD dan Pengembangan Karakter Disdikbud Kendal, Elvi Sahara mengatakan, penilaian atau penjurian dilakukan oleh Dinas Kesehatan yang lebih mengetahui tentang kriteria sekolah sehat. Secara umum, kriteria sekolah sehat bisa silihat dari kebersihan ruang guru, ruang kepala sekolah, ruang kelas dan lingkungan sekolah. “Sebaiknya ruang guru, ruang kepala sekolah dan ruang kelas itu sendiri-sendiri, tidak dalam satu ruangan,”katanya.
Elvi mengatakan, sekolah sehat juga harus memiliki ruang UKS tersendiri yang dilengkapi dengan peralatan kesehatan dan obat-obatan. Selain itu memiliki apotik hidup atau tanaman obat-obatan, seperti tanaman kunyit, jahe, kencur dan lainnya. “UKS itu harus dilengkapi alat timbang badan, termometer dan obat-obatan yang tidak kadaluarsa,”ujarnya.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal, Agus Rivai mengatakan, bahwa sekolah harus itu bersih dan sehat untuk kenyamanan peserta didik dalam belajar dan bermain dengan teman-teman. Lomba sekolah sehat tingkat PAUD-TK tahun ini merupakan yang kedua. Dengan adanya lomba sekolah sehat ini membawa perubahan yang positif, yaitu semua sekolah begerak untu mewujudkan sekolah yang sehat. “Tidak hanya sekolah, tapi termasuk kantin dan para penjual makanan di sekitar sekolah juga menjadi sasaran untuk dilakukan pembinaan supaya jajanan yang dijual itu jajanan yang bersih dan sehat,”pungkasnya.