Bawaslu Kendal Sosialisasikan Pengawasan Pemilu kepada Perangkat Kecamatan

Bawaslu Kendal giat Sosialisasi Pengawasan Kepada Perangkat Kecamatan

0
120
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam mengawasi proses pemilu. Partisipasi masyarakat ini untuk mencapai Pemilu bersih berintegritas sebagai pengawas partisipatif.

“ASN, Sekcam dan Trantib yang hadir sini adalah bagian obyek pengawasan. Maka, kami sosialisasikan aturannya. Sekaligus sebagai masyarakat pengawas Pemilu,” sambut Ketua Bawaslu Kendal Odilia Amy Wardayani dalam Sosialisasi Pengawasan Kepada Perangkat Kecamatan, Senin, (24 September 2018) pagi.
Kordiv Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Kendal Arief Musthofifin yang hadir sebagai pembicara acara menyampaikan bahwa Sekcam dan Trantib punya peran penting dalam suksesnya Pemilu. Bahkan sebagai garda terdepan pengawasan partisipatif Pemilu. Peran pengawas partisipatif tertera dalam UU Pemilu tahun 2017, khususnya pada Pasal 102 termaktub bahwa Bawaslu Kabupaten/Kota bertugas meningkatkan partisipasi masyarakat mengawasi Pemilu.
“Sekcam dan Trantib di sini, adalah garda terdepan pengawasan partisipatif Pemilu, khususnya mengawasi obyek pengawasan pada tingkat kecamatan. Mari kita cegah pelanggaran dan laporkan jika diduga ada yang melanggar,” kata anggota Bawaslu Kendal termuda ini.
Sementara Kordiv Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Kendal Wahidin Said menyampaikan, masa kampanye Pemilu sudah dimulai sejak 23 September 2018. Namun Bawaslu tidak hanya fokus mengawasi kampanye, tapi masih mengawasi tahap penyempurnaan DPT. “Maka, kita di sini tidak hanya mengajak mengawasi kampanye, juga memberi masukan untuk DPT. Karena DPT atau hak pilih ini hak jadi harus diberikan,” kata Wahidin Said.