Pentaskan Parade Lagu Nusantara, SMA Negeri 2 Kendal Raih Rekor LEPRID

SMA 2 Kendal gelar Parade Lagu Nusantara

0
82

SMA Negeri 2 Kendal kembali mengukir  prestasi rekor yang diprakarsai kepala sekolahnya, Yuniasih, S.Pd. dengan menggelar Parade Lagu Nusantara yang menampilkan 34 lagu daerah dari 34 provinsi yang dinyanyikan 34 kelompok. Rekor ini dicatat oleh LEPRID  (Lembaga Prestasi Indonesia Dunia) dan memberikan penghargaan dengan nama Rekor Parade Lagu-lagu Daerah dari 34 Provinsi Sebanyak 34 Lagu oleh 34 Kelompok. Pentas digelar di halaman sekolah pada Kamis (25/10/2018).

Sebelumnya pada 10 Januari 2018 telah mencatatkan Rekor LEPRID dengan mengadakan Gerakan Literasi dengan peserta terbanyak, 1.082 pelajar SMAN 2 Kendal.

Kepala SMA Negeri 2 Kendal, Yuniasih mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya Indonesia dan mengenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada anak didik yang salah satunya dengan lagu-lagu daerah. ” Ini juga untuk menanamkan pendidikan karakter untuk memupuk rasa cinta tanah air dan binekatunggalika,”katanya.
Dikatakan, dipilihnya pentas budaya karena memiliki misi sebagai sekolah pelestari budaya dan berwawasan lingkungan. Pentas seni budaya merupakan kegiatan  rutin SMA Negerigeri 2 Kendal, bahkan menggelar pentas di luar daerah, seperti pentas ekstrakurikuler tari di panggung internasional Prambanan, Bali, TMII dan pentas di kabupaten.
“Tiap hari sekolah juga rutin memutar lagu daerah,”katanya.
Kegiatan ini merupakan puncak rangkaian memperingati HUT ke-22 SMA Negeri 2 Kendal. Kegiatan lainnya sudah dilakukan sebelumnya yaitu bakti sosial, lomba-lomba, bersih lingkungan, jalan sehat dan pentas ketoprak yang dimainkan para guru dan siswa.
Pemberian penghargaan LEPRID diserahkan langsung oleh Direktur LEPRID, Paulus Pangka. Penghargaan diberikan setelah pentas digelar.