Sebanyak 1.117 Peserta Ikuti Jumbara PMR

PMI Kendal gelar Jumbara 2018

0
121

Sebanyak 1.117 peserta mengikuti kegiatan Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) PMR dan Temu Karya ke-16 PMI Kab Kendal yang digelar selama tiga hari, Jumat-Minggu (26-28/10/2018) di lapangan Desa Trayu Kecamatan Singorojo. Terdiri dari 156 PMR Mula, 273 PMR Madya, 312 PMR Wira dan 300 relawan serta 126 pembina. Untuk peserta pelajar berasal dari 12 SD, 27 SMP dan 24 SMA/SMK di Kabupaten Kendal.

Upacara Pembukaan Jumbara yang dilakuakn di Lapangan Desa Trayu, Jumat (26/10/2018) sore dihadiri Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur dan beberapa pejabat Pemkab Kendal serta anggota Forkopimcam setempat. Sebelum upacara, para peserta melakukan pawai keliling di sekitar lokasi dan dilanjutkan dengan defille budaya di lapangan.

Kegiatannya, selain pelatihan keterampilan juga digelar berbagai lomba yang terkait dengan kepalangmerahan. Kegiatan pelatihan di antaranya pelatihan jurnalistik, lokakarya dan worskhop kewirausahaan. Lomba yang diadakan yaitu membuat poster bagi PMR Mula dan membuat komik bagi PMR madya dan wira, defille budaya, edutainment, tes tertulis, tugas kewirausahaan dan lomba jurnalistik. Selain itu juga diselingi dengan senam ceria dan olahraga, outbond kepalangmerahan dan bakti sosial.

Ketua PMI Kendal dr Budi Mulyono mengatakan, bahwa kegiatan Jumbara ini sebagai ajang untuk berkreasi, berpartisipasi serta berbakti guna menunjang dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan PMI. Tujuan khususnya yaitu untuk meningkatkan keterampilan dalam pembinaan generasi PMI, menyiapkan kader yang terampil, pandai berinovasi dan berprestasi. Kegiatan Jumbara ini merupakan apresiasi  tertinggi di tingkat kabupaten.
“Kegiatan Jumbara ini salah satu kegiatan yang menunjang kreatifitas dan prestasi anak muda, sedangkan temu Karya relawan diharapkan dapat mencetak relawan yang cepat, tepat dan tanggap dalam menghadapi semua permasalahan yang ada,”tandasnya.
Bupati Kendal Mirna Annisa dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Kendal mengatakan, kegiatan Jumbara ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilananggota PMR dan relawan untuk menggali, menanamkan dan mengembangkan misi kepalangmerahan serta dapat menumbuhkembangkan kepalangmerahan di kalangan pelajar dan masyarakat sebagai manifestasi kepedulian sosial dan menjalin persahabatan antaranggota.
“Jumbara ini selain sebagai kegiatan untuk berkumpul dan saling berbagi ilmu dan pengalaman, juga untuk berbakti dan bergembira sekaligus menanamkan sikap sosial, saling menolong terhadap sesama, mepererat tali kebersamaan, persaudaraana yang dilandasi dengan tujuh prinsip palang merah yaitu kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan,”ujarnya.
Bupati juga berharap agar kegiatan ini dapat menjadi pendorong semangat bagi anggota PMR, khususnya pelajar dan relawan untuk meningkatkan kualitas relawan muda pada kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang ada. Yang terpenting setelah selesai kegiatan mampu berperan serta menjadi agen perubahan bagi masyarakat sekitar dalam rangka menanamkan kemanusiannya.
“Jadikan Jumbara ini untuk menguatkan mental remaja dalam menghadapi dan mengantisipasi berbagai kenungkinan terjadinya musibah dan bencana di wilayah Kab Kendal. Pasalnya, wilayah Kendal memiliki potensi bencana, maka Kab kendal sangat membutuhkan relawan muda yang tanggap dan cekatan dalam upaya mengevakuasi terjadinya musibah dan bencana serta mampu melakukan langkah preventif mengurangi korban bencana dengan membantu mensosialisasikan langkah-langkah yang ditempuh masyarakat jika terjadi bencana,”harapnya.
BAGIKAN