Kecamatan Kaliwungu Selatan Deklarasi Stop BAB Sembarangan

Kecamatan Kaliwungu Selatan Deklarasi Stop BAB Sembarangan

0
38
Kecamatan Kaliwungu Selatan dinyatakan sebagai wilayah yang sudah tidak ada lagi warganya buang air besar sembarangan. Hal ini setelah delapan kepala desa atas nama warga pada Rabu (31/10/2018) melakukan Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan. Deklarasi yang  dilakukan Lapangan Desa Darupono ditandai dengan penandatanganan komitmen oleh para kepala desa disaksikan Bupati Kendal Mirna Annisa dan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kendal.

Camat Kaliwungu Selatan, Boedi Koentjoro mengatakan, dari 16.238 kepala keluarga yang sudah memiliki jamban permanen sebanyak 13.690 KK, sedangkan yang sharing atau masih menumpang di tetangga sebanyak 2.402 KK. Sisanya sebanyak 146 KK masih berupa jamban cemplung yang dalam waktu dekat akan segera dibenahi. “Warga yang jambannya masih menumpang atau yang masih jamban cemplung secara bertahap akan dibenahi. Yang penting sudah tidak ada lagi warga yang BAB sembarangan di sungai atau pekarangan,”ujarnya.
Plt. Dinas Kesehatan Kendal Agus Sumaryono mengatakan, Rabu ini ada empat kecamatan yang melakukan deklarasi ODF, yaitu kecamatan Kaliwungu Selatan, Kaliwungu, Kendal dan Weleri. Dengan demikian, seluruh kecamatan di Kabupaten Kendal telah melakukan deklarasi Stop BAB Sembarangan. Selanjutnya akan dilakukan deklarasi ODF tingkat Kabupaten Kendal. “Untuk deklarasi tingkat kabapaten ini setelah dilakukan pengecekan oleh tim dari Provinsi Jateng,”jelasnya.
Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan, bahwa menjaga kebersihan merupakan tanggung jawab diri sendiri. Pasalnya, jika setiap warga merasa memiliki tanggung jawab menjaga kebersihan, maka akan tercipta lingkungan masyarakat yang bersih dan sehat. Menjaga kebersihan bukan hanya masalah BAB sembarangan, tapi juga menjaga kebersihan lainnya, seperti tidak buang sampah sembarangan, menjaga kebersihan saluran limbah rumah tangga dan kebersihan lainnya. Bupati Mirna juga berharap kepada warga yang mengikuti deklarasi sudah paham betul tentang pola hidup bersih dan sehat. “Kebersihan kan bagian daripada iman, maka harus bisa diwujudkan, karena jika diri kita selalu menjaga kebersihan, menjaga kebersihan lingkungan bersih, maka hidup akan menjadi sehat,”katanya.