Siswa Kelas XI SMA NU 05 Brangsong Ikuti Kemah Kepramukaan Model Blok

Siswa kelas XI SMA NU 05 Brangsong mengikuti Kemah Kepramukaan Model Blok

0
42
Sebanyak 124  siswa kelas XI SMA NU 05 Brangsong mengikuti Kemah Kepramukaan Model Blok yang diadakan tanggal 28-30 Oktober 2018 di kompleks KOLAT/ KODAM IV/ DIPONEGORO  Bantir Sumowono Kabupaten Semarang. Peserta kemah adalah siswa yang pernah mengikuti kegiatan kemah sebelumnya, yakni pada waktu kelas X, sehingga sudah mempunya gambaran kegiatan yang akan dijalani. Materi kegiatannya meliputi, pendidikan Bela Negara, baris-berbaris, penguatan mental, orientasi lingkungan, game kolosal, api unggun dan outbond. Materi tersebut merupakan deretan mata acara yang mengarah pada tema “SMANULIBRA BERAKSI ( Berkreasi, Berkarakter, Berprestas ). Peserta kemah didampingi guru pembina dan Dewan Kerja Ambalan (DKA) SMA NU 05 Brangsong.

Wakil Kepala bidang Kurikulum Muh. Abdul Halim. SE mengatakan, kemah blok kepramukaan ini terlaksana karena sifatnya wajib dan juga tercantum di dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 63 Tahun 2014 yang menyatakan, bahwa sekolah yang menjalankan kurikulum 2013 mewajibkan pramuka sebagai ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik. Dalam perkemahan ini terdapat tiga metode pelaksanaan, yaitu berupa perkemahan blok wajib yang diadakan setahun sekali/ aktualisasi terkait semua mata pelajaran yang dilaksanakan oleh para guru dan yang bersifat regular dibawah binaan Gugus Depan.
“Terkait dengan  aktualisasi, kami  akan mengaitkan kepramukaan dalam mata pelajaran yang akan dilaksanakan oleh para guru dan akan diserahkan kepada Pembina pramukanya untuk diberikan kepada peserta didik,” ucap Muh. Abdul Halim.
Kegiatan ini dilakukan dengan disiplin ketat. Selain jadwal sangat padat, setiap kegiatan dibatasi waktunya. Contohnya,  waktu makan sangat dibatasi dengan tata tertib makan ala militer, yaitu duduk dengan posisi tegak, tidak membungkuk saat makan. Seluruh isi piring : nasi, sayur dan lauk harus dihabiskan juga minumnya. Kegiatan semacam itu mengajarkan peserta agar mampu menginterpretasikan setiap instruksi juga untuk membangun disiplin peserta. Peserta tidak boleh membawa HP.
“Menurut saya , ini sangat bagus karena tujuannya melatih peserta untuk membangun interaksi dengan orang-orang di sekitarnya sehingga bisa menekan sikap individualisme. Juga melatih teman-teman untuk memiliki kesadaran  terhadap kehadiran orang lain sehingga bisa membangun jiwa korsa dan kerja sama,” kata M. ,Zahrul Amin salah satu anggota DKA.
M. Zidan Maula Majid, peserta dari kelas XI IPS 2 mengatakan, walaupun kegiatan kemah dilakukan penuh kedisiplinan, ia tetap merasa seneng, karena bisa membuat sikap disiplin.
Harapannya melalui kegiatan kemah ini akan terjalin kesinambungan kegiatan mulai sejak awal  masa orientasi peserta didik (MOPD), kegiatan kepramukaan  dan kegiatan perkemahan dari kelas X, XI hingga kelas XII,  yang menghantar peserta didik berproses untuk mendapatkan karakter khas SMA NU 05 Brangsong  yaitu Mandiri, Santun dan Kompetitif. “Tapi yang paling saya sukai kemah membuat kita bersatu  dengan alam dan itu bikin saya merasa nyaman,”ucapnya.