Disdikbud Kendal Gelar Festival Tembang Dolanan Tingkat Kabupaten Kendal

Festival Tembang Dolanan bagi kelompok bermain tingkat Kabupaten Kendal

0
64

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal menggelar Lomba Tembang Dolanan bagi murid Kelompok Bermain tingkat Kabupaten Kendal tahun 2018. Lomba dilakukan pada Kamis 1 November 2018 yang digelar di dua tempat, yaitu di Pendopo Kabupaten Kendal dan Gedung Korpri. Peserta terbagi menjadi dua, yaitu 20 grup anak TK dan 20 grup KB yang mewakili masing-masing kecamatan.

Pengurus Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI) Kab Kendal, Endang Mardianti selaku panitia mengatakan, tiap kelompok peserta bebas membawakan judul tembang, namun harus tembang dolalan. Sebab tujuan lomba ini untuk melestarikan tembang-tembang dolanan. “Peserta bebas membawakan judul lagu dolanan apa saja,”katanya.

Sementara itu menurut Sulastri, pendidik dari KB Arrazak Desa Banyu Urip Kecamatan Ngampel, waktu melatih anak-anak cukup menyenangkan, namun dibutuhkan kesabaran. Untuk Kecamatan Ngampel, peserta diwakili anak-anak dari KB Arrazak dan KB Mandiri Desa Winong. “Kami latihan sekitar 6 kali, tapi yang namanya anak-anak tidak bisa konsentrasi penuh untuk latihan,”ujarnya.