Pemkab Kendal Launching 3 Aplikasi Layanan Masyarakat untuk Program Smart City

0
137

Pemkab Kendal siap melaunching tiga program untuk mendukung Gerakan 100 Smart City di tahun 2018. Yaitu Unit Pengolahan Pelayanan Pengaduan Publik (UP4), Poskamling pintar dan aplikasi PSC 119 berbasis android.

Plt. Kepala Diskominfo Kendal, Ferinando Bonay mengatakan, dari tiga program tersebut ada satu yang sudah berjalan yaitu pelayanan UP4. Bahkan pelayanan UP4 di Kendal masuk 25 terbaik di Indonesia. Dalam pelayanan ini, pengaduan masyarakat paling lambat 12 jam sudah ada jawaban. “Nanti akan ditingkatkan dengan menempatkan petugas khusus untuk menanggapi pengaduan masyarakat yang masuk, sehingga lebih cepat mendapatkan jawaban,”katanya, Jumat (02/11/2018) di ex Gedung Korpri Kendal.

Program Smart City tentu akan terus bditingkatkan. Feri mengatakan, sebanyak 87 usulan dari 100 lebih usulan yang masuk, akan dimasukkan dalam master plan Smart City Kabupaten Kendal. “Pada dasarnya, program Smart City ini untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,”katanya.
Rini Rahmawati pembimbing penyusunan master plan Smart City dari Kemenkominfo mengatakan, program atau aplikasi yang ada harus disosialisasikan ke masyarakat. Selain itu agar pelayanan itu juga bisa menjangkau lapisan masyarakat yang tidak menggunakan android, misalnya bisa ditempatkan di balai desa atau tempat lainnya. “Intinya, di manapun masyarakat bisa menggunakan aplikasi atau pelayanan tersebut sewaktu-waktu dengan mudah,”katanya.
BAGIKAN