Pemkab Kendal akan Kembangkan Kampung Proklim

Pemkab Kendal akan kembangkan Kampung Proklim

0
50
Pemkab Kendal akan terus mengembangkan Program Kampung Iklim (Proklim) yang telah dirintis di dua desa, yaitu di Desa Gondang dan Dukuh Krajan Desa Limbangan Kecamatan Limbangan. Atas keberhasilan dua wilayah dalam melaksanakan Proklim tersebut, Bupati Kendal Mirna Annisa mendapat penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK)  sebagai pembina aktif Proklim di Kabupaten Kendal yang diberikan pada 23 Oktober 2018. Proklim adalah program berlingkup nasional yang dikembangkan Kementerian Lingkungan Hidup untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal, Sri Purwati mengatakan, penghargaan kepada Bupati Kendal adalah sebagai wujud apresiasi, sebagai pembina aktif Proklim di Kabupaten Kendal, di antaranya dengan mendukung secara aktif kegiatan Proklim di masyarakat dan membuat program kerjasama pihak swasta dengan desa Proklim, dalam hal ini MoU Bupati dengan PT Berkat Karunia Sentosa sebagai Bapak Asuh Proklim. “Harapannya akan semakin banyak perusahaan yang mau menjadi bapak asih, sehingga meringankan anggaran Pemkab,”katanya saat jumpa pers di Taman Klorofil, Senin (05/11/2018).
Sri Purwati mengatakan, kegiatan Proklim akan terus dikembangkan yaitu di tahun 2019 Desa Gondang dan Dukuh Krajan akan diusulkan kembali sebagai Proklim Utama dan akan melakukan seleksi serta membina desa-desa lain sebagai kampung Proklim sesuai dengan program Kementerian LHK minimal terdapat 20 kampung Proklim di setiap kabupaten dan kota. “Dua desa itu nantinya akan membina desa-desa lainnya untuk menjadi Kampung Proklim,”ujarnya
Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur berharap, desa Proklim ini menginspirasi desa-desa lain untuk menjadi kampung iklim dan menjadi program yang berkesinambungan dalam penanggulangan perubahan iklim di tingkat tapak. Dengan demikian akan tercipa kondisi lingkungan bersih dan sehat. “Kampung Proklim ini sangat bagus supaya semua desa  ramah lingkungan, maka semua desa harus bisa menjadi Kampung Proklim,” harapnya.