Pemkab Kendal kembali Raih Opini WTP

Pemkab Kendal kembali raih opini WTP

0
137

Pemkab Kendal kembali memperoleh oponi WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK RI atas Laporan Keungan Pemerintah Daerah (LKPD) untuk pemeriksaan tahun 2016 dan 2017. Opini BPK ini merupakan pernyataan profesional mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada 4 kriteria, yaitu kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintah, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektifitas Sistem Pengendalian Intern.

Plt. Kepala Badan Keungan Daerah (Bakeuda) Pemkab Kendal, Agus Dwi Lestari mengatakan, oponi WTP merupakan penilaian yang tertinggi, sehingga harus dipertahankan. Pasalnya, untuk meraih WTP perlu kerja keras dan kmitmen dari semua OPD dalam pengelolaan keuangan daerah yang profesional dengan menerapkan asas umum pengelolaan keuangan daerah. Oleh karena itu, opini WTP yang selama bertahun-tahun baru bisa diraih pada kepemimpinan Bupati Kendal Mirna Annisa ini harus dipertahankan. “Untuk bisa meraih opini WTP ini butuh kerja keras, maka setelah berhasil ya harus tetap dipertahankan,”katanya, saat jumpa pers di Taman Klorofil, Senin (05/11/2018).
Agus Dwi mengatakan, upaya-upaya atau strategi peningkatan kualitas LKPD Pemkab Kendal tahun 2018 untuk mempertahankan opini WTP di antaranya, membangun komitmen dari seluruh pimpinan OPD, pembinaan secara berkesinambungan dari Bakeuda selaku PPKD kepada OPD. Selain itu juga pengembangan kapasitas SDM pengelola keuangan daerah yang berkesinambungan melalui pendidikan dan pelatihan. Juga dukungan audit internal oleh Inspektorat dalam pengelolaan keuangan daerah, dan peningkatan kajian aspek legalitas dalam seluruh proses pengelolaan keuangan daerah. “Temuan hasil pengawasan BPK harus dijadikan feedback perbaikan tahun berikutnya untuk menghindari potensi temuan berulang,”tambahnya.
Menurut Wakil Bupati Kendal Masrur Maskur, opini WTP yang diraih harus dipertahankan, bahkan ditingkatkan kualitasnya. Pasalnya, dengan opini WTP ini, maka akan tercipta pemerintahan yang bersih baik dan bersih. “WTP ini menunjukkan goog governance dan clean governance,”katanya.