Tosan Aji Kendal akan Gelar Pameran dan Lomba Keris

Pameran dan Lomba Keris akan digelar di GOR Bahurekso Kendal

0
166

Paguyuban Tosan Aji Bahurekso Kendal akan menggelar Pameran dan Lomba Koleksi Keris Nasional memperingati Hari Pahlawan 10 November. Lomba memperebutkan Dandim Cup Kendal 2018 digelar di GOR Bahurekso Kendal pada Jumat-Sabtu tanggal 9-10 November 2018.

Ketua Panitia, Jupriono mengatakan, lomba ini berhadiah uang tunai jutaan rupiah dan hadiah door prize. Diikuti sekitar 50 peserta dari berbagai daerah Jawa dan luar Jawa, di antaranya dari Lombok, Jakarta dan Palembang. Benda keris yang dipamerkan sekitar 500 keris dan tombak, mulai yang tertua peninggalan zaman Kerajaan Singosari, Majapahit, Demak, Kediri, Pajang dan Mataram Sultan Agung. “Selain piala dan piagam, juga hadiah uang Rp. 5 juta untuk juara pertama,”katanya.
Jupriono mengatakan,  tujuan pameran ini untuk memberikan wawasan kepada generasi penerus, bahwa keris sebagai peninggalan budaya leluhur merupakan benda seni budaya yaitu seni tempa. Bukan sebagai benda klenik yang berbau syirik. “Yang harus diluruskan itu, bahwa keris itu merupakan benda hasil kreasi seni budaya, yaitu seni tempa, bukan benda yang dikaitkan dengan klenik atau mistis,” jelasnya.
Dikatakan, setelah pameran keris, akan dilanjutkan dengan Lomba Perkutut Lokal Kabupaten Kendal di Area Parkir Stadion Utama Kendal pada Minggu 11 November. Kegiatan ini dimeriahkan pentas seni, koleksi benda purbakala, bazar UMKM dan sepeda tua. “Kami memilih lomba burung perkutut, karena burung perkutut untuk menunjukkan, bahwa perkutut merupakan burung asli Indonesia yang justru lebih bagus dibanding burung impor,” ujarnya.