Gunakan Rail Clinic, PT KAI Daop IV Semarang Gelar Pengobatan Gratis

PT KAI Daop 4 Semarang gelar pengobatan gratis di Stasiun Kaliwungu

0
88

PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 4 Semarang melaksanakan kegiatan bakti sosial pengobatan gratis di Stasiun Kaliwungu pada Rabu 7 November 2018. Untuk kegiatan ini, PT KAI menggunakan sarana Rail Clinic yatiu kereta api yang berfungsi sebagai klinik atau rumah sakit kecil yang berada di atas rel. Kali ini menggunakan Rail Clinic Generasi 4 yang dilengkapi dengan Rail Library atau perpustakaan dan ruang pertemuan sosial yang dirangkai dengan ruang pengobatan.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto mengatakan, Rail Clinic merupakan wujud kepedulian sosial sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT KAI di bidang kesehatan. Pada  kegiatan bakti sosial di Stasiun Kaliwungu terdiri dari pengobatan gratis kepada 300 warga sekitar, pemberian kacamata gratis kepada 50 siswa sekolah dasar, yaitu SDN 2 dan 3 Krajan Kulon dan SDN 3 Kutoharjo. Selain itu juga pemberian alat-alat olahraga, penyuluhan kesehatan, penyuluhan tentang peraturan keselamatan perjalanan kereta api, serta pembagian souvenir. “Ada penyuluhan tentang kesehatan, juga penyuluhan kepada warga supaya berhati-hati ketika menyebarang jalur rel kereta supaya aman,”katanya.
Executive Vice President PT KAI Daop 4 Semarang, Yosita mengatakan, dalam kegiatan tersebut, masyarakat mendapatkan pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak, pemeriksaan kesehatan mata, pemeriksaan laboratorium, penyuluhan kesehatan dan pelayanan kefarmasian. PT KAI menyiapkan tim kesehatan sebanyak 18 petugas yang terdiri dari 4 dokter umum, 1 dokter gigi, 8 perawat, 2 bidan, 2 apoteker dan 1 tenaga administrasi. Adapun fasilitas Rail Library atau Kereta Pustaka dilengkapi perpustakaan buku, majalah, video dan e-book. Koleksi materi perpustakaan yang ditampilkan terdiri dari 350 judul buku dengan jumlah 764 eksemplar, 63 judul e-book dan 65 koleksi video. “Selain berobat juga bisa membaca buku atau nonton video di perpustakaan,”katanya.
Pada tahun 2018 ini kegiatan bakti sosial dilakukan di tiga stasiun, yaitu Stasiun Kradenan dan Stasiun Gundih. Sebelumnya pada tahun 2016 telah dilaksanakan di Stasiun Weleri dan Kedungjati, kemudian di tahun 2017 dilaksanakan di Stasiun Mangkang dan Rnadublatung.