Cegah Banjir Masuk, Jalan di Area Perkantoran Bupati Kendal Ditinggikan

Peninggian jalan masuk ke kantor Bupati Kendal

0
40
Mencegah banjir pada pada saat musim penghujan, Pemkab Kendal meninggikan jalan yang berada di dalam komplek kantor bupati Kendal setinggi 15 centimeter. Hal itu dilakukan agar luapan air sungai tidak menggenangi jalan di dalam komplek kantor bupati Kendal. Pasalnya, selama ini jika musim penghujan tiba, luapan air sungai sering menggenangi komplek kantor bupati kendal sehingga menggangu aktivitas perkantoran.

Pelaksana proyek tersebut, Tarmuji mengatakan, pengerjaan peninggian jalan itu merupakan pekerjaan satu paket dengan pengerjaan normalisasi saluran air yang berada disekitar kompleks kantor bupati kendal. Proyek ini mulai dikerjakan sejak Kamis 1 November lalu dan selesai bulan Desember mendatang. Pengerjaan proyek peninggian jalan secara bergantian yang dimulai di sebelah barat, kemudian setelah selesai, maka langsung pindah di sebelah timur. Sehingga selama pelaksanaan pekerjaan tersebut, maka arus lalulintas masuk dan keluar perkantoran hanya dilewatkan melalui satu pintu. “Pekerjaan peninggian jalan ini masih satu paket dengan perbaikan saluran yang di sekitar Alun-alun,”katanya.
Sekda Kendal, Moh. Toha mengatakan, untuk mengatasi banjir di Kota Kendal, selain meninggikan jalan juga melakukan perbaikan saluran atau drainasi dengan melebarkan saluran. Hal ini agar ketika hujan, maka air akan cepat mengalir, sehingga tidak terjadi luapan yang menyebabkan banjir. Beberapa saluran air yang dilebarkan yaitu saluran di sekitar kantor bupati, jalan Notomudigdo, sekitar Pasar Kendal, Polres Kendal dan Jalan Karangkembang Karangsari.
“Ada rencana juga untuk membeli alat penyedot air berkapasitas besar untuk mengatasi jika sewaktu-waktu air banjir masuk ke area bupati,”katanya.