Bawaslu Kendal Temukan 3.910 Pemilih Pemula yang belum Ber-KTP

Rakor Bawaslu Kendal bahas DPT pemilu 2019

0
35

Sebanyak  3.910 daftar  pemilih potensial non KTP elektronik akan menambah  jumlah daftar pemilih tetep di Kabupaten Kendal. Hal ini disampaikan oleh  Bawaslu Kabupaten Kendal  saat melakukan  Rapat Koordinasi Pemilu 2019 di Kantor Bawaslu Kendal, Sabtu (10/11/2018).

Daftar  pemilih tetap  yang  sudah ditetap kan  oleh KPUD Kendal  per tanggal  13  September 2018 sebanyak  768.189  jiwa, namun yang berusia  17 tahun  berdasarkan data  sementara  dari  Bawaslu Kabupaten Kendal  ada  3.910   jiwa. Berdasarkan  hasil  ferivikasi  yang  dilakukan  oleh Panitia Pengawas Desa (PPD) dan  Kelompok  Penyelenggara  Pemungutan  Suara (KPPS) di  20 kecamatan di kabupaten kendal, jumlah tersebut  akan menambah  jumlah  daftar pemilih tetap  yang sudah di  sahkan KPUD kendal  pada  tanggal  13  september lalu. Untuk DPT  tahap  dua   baru akan  dilakukan pleno  pada tanggal  11  nopember 2018.

Dari  hasil pleno,   singkronisasi  data  dari KPU dan  Bawaslu selanjutnya  akan di tetapkan  sebagai  DPT  hasil perbaikan  kedua yang dilakukan KPUD kendal  dan  Bawaslu Kabupaten Kendal.

Koordinator  Divisi Pencegahan Bawaslu Kabupaten Kendal  Wahidin Said mengatakan,  DPT hasil perbaikan  Kabupaten Kendal  yang ditetapkan oleh KPUD kendal   tanggal  13  september lalu, tidak menutup kemungkinan akan berubah,  sebab  ada  yang  meninggal dunia atau  yang tadinya  memenuhui syarat  menjadi  tidak memenuhi syarat  atau  sebaliknya, termasuk pemilih pemula.

“Dari  hasi koordinasi   dan  verifikasi antara   pengawas desa  panitia  pemilihan kecamatan dan  KPPS  di tingkat  desa dan kecamatan  akan disingkronkan, sehingga  akan  diketahuia  daftar pemilih tetap,”jelasnya.