Empat Cabor Digelar pada Gala Desa Kabupaten Kendal Tahun 2018

Pembukaan Gala Desa di Desa Jungsemi Kangkung

0
49

Empat cabang olahraga, yaitu atletik, tenis meja, bola voli dan sepaktakraw digelar dalam giat Gala Desa tahun 2018 di Kabupaten Kendal. Kegiatan ini digelar selama 10 hari, mulai tanggal 10 sampai 19 November 2018 di beberapa tempat. Cabang atletik di Stadion Utama Kendal, sepaktakraw di lapangan SD Negeri 2 Jungsemu Kecamatan Kangkung, bola voli di Desa Curugsewu Kecamatan Patean dan tenis meja di Desa Krajan Kulon Kecamatan Kaliwungu.

Pembukaan dilakukan di lapangan SD Negeri 2 Jungsemi oleh Staf Ahli Bupati Kendal, Dwianto yang mewakili Bupati Kendal bersama Kabag Humas Deputi Pengembangan Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Moh. Rifqi dan Kepala Disporapar Kendal, Tavip Purnomo, Sabtu (10/11/2018) pagi. Dihadiri seluruh kontingen peserta Gala Desa cabang olahraga sepaktakraw.
Moh. Rifqi mengatakan, kegiatan Gala Desa diadakan selain untuk membudayakan olahraga di masyarakat, juga untuk mencari atlet berprestasi dan bibit-bibit atlet potensial langsung dari desa-desa. Pasalnya, dari atlet-atlet berprestasi itulah yang akan meningkatkan prestasi olahraga di tingkat internasional, seperti Asian Games.
“Prestasi yang cukup membanggakan pada Asian Games lalu diharapkan bisa terus ditingkatkan, salah satu caranya dengan mengadakan Gala Desa ini untuk mencari para atlet berprestasi dan bibit-bibit atlet yang potensial,”harapnya.
Kasubid Pembinaan Pendidikan Olahraga Pendidikan Tinggi Kemenpora RI, Puji Rahayu menambahkan, bahwa Gala Desa 2018 dilaksanakan di 136 kabupaten. Ada enam cabor yang dipilih yang merupakan olahraga yang memasyarakat, yaitu sepakbola, atletik, bola voli, tenis meja, bulutangkis dan sepaktakraw. Dikatakan, untuk sepaktakraw dipilih karena merupakan olahraga asli Indonesia, sehingga terus dipromosikan.
“Sepaktakraw secara resmi belum dipertandingkan di tingkat internasional seperti Asian games, karena syaratnya harus diikuti minimal oleh 40 negara. Namun sepaktakraw sudah banyak negara yang mengembangkan, seperti Thailand, dan ternyata pada Thailand bisa mengalahkan Indonesia. Olehkarena itu harus diperhatikan, baik dari pelatihan maupun pembibitan,”jelasnya.
Bupati Kendal, Mirna Annisa dalam sambutan tertulisnya mengatakan, kegiatan Gala Desa merupakan peluang bagi masyarakat untuk mengembangkan olahraga di desa, sehingga akan lahir bibit-bibit atlet berbakat. Oleh karena itu Pemkab Kendal sangat mendukung kegiatan Gala Desa. “Gala Desa ini bisa menjadi momentum untuk membudayakan olahraga di masyarakat. Semoga sukses dan menyenangkan, sehingga semakin banyak atlet berbakat yang bisa meniti prestasi di tingkat yang lebih tinggi,”harapnya.