Disdikbud Kendal Gelar Pentas Seni Pelajar 2 Hari 2 Malam

Pentas Seni Pelajar Kab Kendal 2018

0
44

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal menggelar Pentas Seni Pelajar selama dua hari dua malam, Sabtu-Minggu (10-11/11/2018) di Alun-alun Kendal, mulai siang sampai malam. Selain pentas seni, juga digelar Pameran Karya Pelajar, mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK. Kegiatan dibuka Bupati Kendal Mirna Annisa bersama Kepala Disdikbud Kendal Agus Rivai pada Sabtu (10/11/2018).malam.

Pentas yang ditampilkan cukup beragam, mulai dari kesenian tradisional, musik band, teater dan film. Kesenian tradisional yang ditampilkan di antaranya barongan, warok, tari dan dolanan. Untuk musik, selain band, juga ada keroncong dan akustik. Sedangkan karya seni yang dipamerkan di antaranya lukisan dan foto.

Kepala Disdikbud Kendal, Agus Rivai mengatakan, pentas diisi oleh sekolah-sekolah yang memiliki keterampilan seni, baik tingkat SD sampai SMA/SMK. Menurutnya, pentas yang meriah ini karena ditopang oleh para guru yang mengajarkan ekstrakurikuler. “Pentas ini menunjukkan banyak guru yang memiliki bakat di bidang kesenian dan dikembangkan kepada anak didiknya,” katanya.
Pada saat pembukaan, Bupati Mirna menyerahkan penghargaan kepada siswa dan sekolah yang meraih prestasi tingkat nasional dan Jawa Tengah di tahun 2018. Penghargaan diberikan kepada SMP Negeri 1 Limbangan yang meriah juara harapan 1 lomba musik keroncong tingkat nasional di Jakarta yang diikuti pelajar dan mahasiswa semester Indonesia. Sedangkan penghargaan tingkat Jawa Tengah diberikan kepada juara 1 lomba Mapsi tingkat Jawa Tengah dari SMP 1 Cepiring, SD Kutoharjo Kaliwungu dan SD 2 Petukangan Kendal.
Agus Rivai mengatakan, Kendal bisa meraih banyak prestasi karena ditopang oleh semua guru yang mengadakan kegiatan ekstrakurikuler. Harapan ke depan agar semakin meningkat prestasinya. “Harapannya agar tahun-tahun berikutnya akan semakin meningkat prestasinya,” harapannya.
Bupati Mirna memberikan apresiasi adanya kegiatan pentas para pelajar. Kegiatan ini menunjukkan, bahwa pelajar Kendal memiliki bakat seni yang luar biasa. Hal itu dibuktikan juga dengan prestasi-prestasi yang diraih, baik tingkat Jawa Tengah maupun nasional. “Harapannya agar semakin ditingkatkan kegiatannya, sehingga akan semakin meningkat prestasinya,” harapnya.